Cara Membuat Cotton Japanese Cheesecake

Diposting pada

Dapur ocha, cara membuat cotton japanese cheesecake - Kini membuat Cotton Japanese Cheesecake, tidak terlalu sulit yang dibayangkan. Kue asal negeri sakura ini sudah cukup trend di indonesia, bahkan hampir disetiap toko-toko bakery sudah bisa menemukan japanese cheesecake, karena memang sudah banyak dipasarkan. Japanese cheesecake merupakan kue yang sangat lembut dan enak, cream cheesenya memberikan rasa gurih yang membuat banyak orang menyukainya.

Cheesecake negeri sakura ini menurut saya sangat berbeda, dengan olahan cheese cake umumnya. Japanese Cheesecake dibuat dengan cara memanaskan krim keju, atau cream cheese dan mentega maupun butter sampai mengental. Kemudian baru dimasukkan kuning telur, dan tepung maizena ke dalam adonan. Langkah selanjutnya adalah putih telur dikocok terpisah sampai kaku, dan kemudian ditambahkan ke dalam adonan cake lainnya seperti kuning telur dan tepung terigu. Sama seperti pembuatan cake pada umumnya kemudian di oven, bedanya untuk Japanese Cheesecake ini saat di oven menggunakan dengan teknik au bain marie.

Tekhnik Au Bain Marie Pada Cotton Japanese Cheesecake

Tekhnik Au Bain Marie pada Cotton Japanese Cheesecake

Au Bain Marie merupakan teknik cara memanggang cake, dengan meletakkan loyang berisi adonan cake, ke dalam loyang lain yang lebih besar ukurannya, dengan isian air panas pada bagian bawah. Cara Au Bain Marie ini digunakan untuk menghasilkan cheesecake, dengan permukaan yang berwarna cerah atau terang, terlihat basah, lembut dan mencegah retak pada permukaan. Perlu anda ketahui bahwa fungsi air panas ini, akan membantu menambah kelembaban di dalam oven, dan juga dapat mencegah suhu kue agar tidak melebihi 100 derajat celcius, seberapa pun besarnya suhu pada oven Anda.

Kenapa bisa begitu?, karena sifat air yang akan menguap ketika air mencapai titik didih. Dengan demikian bagian luar cake tidak akan matang lebih dahulu, dari bagian tengahnya dan tidak menjadi retak. Kali ini Dapur Ocha akan membagikan resep, cara pembuatan cotton japanese cheesecake yang cukup mudah dan simple, berikut resepnya.

Resep Cotton Japanese Cheesecake

Cara Membuat Cotton Japanese Cheesecake

Cotton Cheesecake sudah cukup populer sejak tahun 1990an, di produksi oleh toko kue Uncle Tetsu di Hakata, Fukuoka. Tentunya berbeda dari versi Amerika, cheesecake negeri sakura ini punya tekstur seperti chiffon cake yang moist dan lebih lembut.

Bahan Cotton Japanese Cheesecake

  • 150 gr tepung terigu segitiga
  • 100 gr margarin cairkan
  • 5 butir telur.pisahkan putih dan kuning
  • 50 ml susu cair
  • 1/2 sdt sp
  • 1 sdt vanilla esence (bisa dganti vanili bubuk)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 grm gula pasir
  • 2 sdm cokelat bubuk

Cara Membuat Cotton Japanese Cheesecake

Cara Menghias Cake

  • Campurkan dan ayak baking powder dengan tepung terigu, kemudian sisihkan.
  • Campur kuning telur, susu, vanilla esence dan margarin cair, lalu aduk rata.
  • Masukkan tepung kedalam bahan cair, aduk hingga tercampur rata.
    Dalam wadah lain, mix putih telur, tambahkan gula sedikit demi sedikit, dan tambahkan sp mix hingga soft peak atau kaku.
  • Masukkan sedikit demi sedikit putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pelan searah menggunakan spatula, masukkan putih telur sisa, lalu aduk rata.
  • Tuang adonan kedalam loyang yang telah dialasi kertas minyak, sisakan 2 sdm adonan beri coklat bubuk.
  • Masukkan adonan warna cokelat kedalam plastik segitiga.
    Selanjutnya hias, bisa melihat gambar.
  • Kemudian oven (metode au bain atau loyang adonan dialasi loyang yang lbih besar beri air 1/4 gelas) dengan suhu 120 dengan api bawah selma 30 menit.
  • Selanjutnya menggunakan api atas bawah selama 30 menit, jadi total pada saat di oven adalah 1 jam.

Tips : Lalu untuk istilah sotf peak atau jambul petruk, adalah mengocok adonan kue sampai kental dan berjejak. Di tandai jika adonan di jatuhkan ke lantai adonannya, tidak langsung jatuh tapi masih menempel pada sendok, jadi benar-benar kental seperti jambul petruk.

Penutup

Nah itulah sedikit pengetahuan mengenai memanggang dengan teknik au bain marie, dan istilah soft peak jambul petruk, semoga bisa membantu Anda dalam kuliner baking. Demikian yang dapat dapur ocha sampaikan, tentang cara membuat cotton Japanese cheesecake, yang bisa Anda buat di rumah, sekian dan terima kasih telah berkunjung ke dapurocha.com, semoga bermanfaat untuk kita semua sampai jumpa kembali di info kuliner lainnya.

Baca Juga: Resep Brownies Kukus Moist Untuk Pemula

Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, bisnis, wisata, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan