NewsTanamanTips

Harga Tanaman Hias Termahal Janda Bolong yang Cukup Viral

Dapur Ocha, Harga tanaman hias termahal Janda bolong yang cukup viral. Tanaman unik memang cukup banyak dicari saat ini dan yang cukup viral, salah satunya jenis monstera. Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya tanaman hias yang cukup hits, jenis monstera memang cukup banyak. Ada sekitar 7 Jenis monstera yaitu Monstera Adansonii, Monstera Variegata, Monstera Borsigiana, Monstera Siltepecana, Monstera Obliqua, Monstera Dubia, dan Monstera Deliciosa.

Tanaman Monstera viral dengan sebutan tanaman janda bolong . Beberapa jenis Monstera juga ada yang harganya bisa mencapai puluhan, ratusan juta, bahkan milyaran rupiah. Dua jenis tanaman Janda Bolong termahal yang diambil dari Back Yard Boss yaitu:

Harga tanaman hias termahal Janda bolong

Harga tanaman hias termahal Janda bolong

Monstera Variegata

Monstera Variegata

Monstera Variegata (Janda Bolong) memimpin dalam daftar urutan pertama. Bukan cuma bentuk dan corak yang unik dan unggul, bercak putih yang muncul pada daunnya membuat jenis ini dihargai amat tinggi. Bahkan, untuk yang terlihat lebat, dari penelusuran di situs lelang ebay bisa berharga sekitar US$ 750 atau sekitar Rp 11 juta. Bahkan ada yang mencapai 35 juta berhelai daunnya.

Monstera Obliqua

Monstera Obliqua tidak memiiki bunga yang mekar, daunnya cukup besar. Dan tanaman ini berasal dari negara Amerika Selatan, seperti Colombia, Bolivia, dan Peru. Keunggulandari Monstera Obliqua adalah lubang menganga cukup besar pada daunnya. Karena cukup langka dan sulit tumbuh tanaman ini mempunyai harga yang cukup mahal. Harga yang paling mahal mencapai Rp. 50.000.000, ini karena bentuk daunnya cukup unik dan langka.

Tips merawat Tanaman Janda Bolong (Monstera)

Untuk tanaman Monstera Variegata baik nya Anda taruh dihalaman teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan terlalu lama. Karena Daun janda bolong monstera jenis ini bisa terbakar jika terkena sinar terlalu lama. Tapi jangan khawatir, dia bisa beradaptasi dalam ruangan yg intensitas cahaya terang ataupun rendah.

Daun Monstera Variegata cukup tebal, dan tumbuh subur saat muda. Panjang bisa mencapai 2-3 kaki. Daun Monstera ini berwarna hijau dan putih, bagian putih pada daun monstera membuatnya perlu bekerja dua kali lebih keras untuk fotosintesis. Tanpa cahaya terang, daun janda bolong ini akan tumbuh lebih jarang dan juga lambat. Monstera yang berada dalam kondisi cahaya redup juga dapat memiliki daun yang lebih kecil, yang membuatnya tumbuh tidak terlalu cantik.

Untuk lebih lengkap, berikut ini beberapa tips untuk merawat tanaman janda bolong 2 warna (monstera variegata);

  1. Siram janda bolong ketika terasa kering jika disentuh. Sebaliknya, jika musim dingin kurangi penyiraman. Tanah dalam pot tanaman hias harus dijaga tetap lembab tetapi tidak tergenang air.
  2. Perhatikan warna pada pertumbuhan daunnya. Jika daun Daun yang menguning adalah tanda terlalu banyak air. tetapi, jika Anda melihat tepi daunnya berwarna cokelat dan juga rapuh, maka tanaman tidak mendapatkan kelembapan yang baik.
  3. Perhatikan daun tanaman, terutama yang usianya paling tua, Anda bisa membersihkan menggunakan air hangat untuk menghilangkan penumpukan debu, gunakan kain yang lembut, agar tidak merusak daunnya.
  4. Tanaman ini sangat cocok ditanam menggunakan pot, ada baiknya untuk mengganti pot 2-3 tahun sekali. Setelah janda bolong berada dalam pot dengan diameter 8 inci atau lebih besar, tambahkan tanah segar.
  5. Semakin tua, janda bolong 2 warna akan kehilangan daun dibagian bawahnya. cukup sulit untuk mendorong pertumbuhan daun untuk batang bawah. Bunda bisa mengakalinya dengan menambahkan dan menyebar bibit baru di sekitar monstera tersebut dan membuatnya tampak dipenuhi daun kembali.

Alasan Harga Monstera Variegata Mahal

Monstera variegata merupakan tanaman hias yang mempunyai harga tinggi. Cukup mengagetkan, harga monstera variegata bahkan bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta lho.

“Kalau monstera hijau sih masih terjangkau. Anda bisa membeli sekitar 300-450 ribu untuk monstera mini yang berwarna hijau. Corak daun pada monstera variegata tidak akan terlihat sama meskipun satu induk. Jadi bisa dipastikan setiap motif monstera variegata pasti berbeda-beda.

Baik melalui bibit atau stek, tanaman monstera cukup sulit untuk dikembangkan. Dari sekian banyak biji monstera, yang berhasil tumbuh sekitar 50 tanaman.

Penutup

Demikian ulasan kami tentang tanaman hias Monstera atau yang lebih dikenal dengan janda bolong. Pada saat pembelian tanaman yang cukup mahal, diperhatikan lagi jenisnya ya, agar Anda tidak tertipu pada saat membeli. Karena jenis monstera atau janda bolong memang cukup banyak. Terima kasih sudah membaca ulasan kami.

ocha

Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button