KesehatanNewsTipsUncategorized

Jamu Penangkal Virus Corona, Menjaga Imunitas Tubuh

Dapur ocha, Jamu Penangkal Virus Corona, Menjaga Imunitas Tubuh. Indonesia dan seluruh dunia memang sedang mengalami pandemi Virus Corona. Dugaan berawal dari negara China Virus Corona terdeteksi, sekitar bulan november 2019. Dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia, dan menyebabkan pandemi dimana-mana. Sekitar pertengahan tahun 2020 cukup viral jamu seduhan yang di sebut empon-emponan, empon-emponan dianggap bisa menangkal atau mencegah virus corona. Jamu penangkal Virus Corona ini dipercaya bisa meningkatkan Imunitas tubuh kita, sehingga  tidak mudah terserang penyakit.

FROTI (Formularium ramuan obat tradisional Indonesia)yang  merupakan bagian informasi tentang berbagai jenis tumbuhan herbal/obat yang tumbuh di Indonesia memang telah terbukti cukup aman digunakan jika sesuai aturan dan secara empiris bermanfaat bagi kesehatan. Dan ini termasuk ramuan empon-empon. Ini di sebutkan pada  Peraturan MENKES/187/2017 Tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia. Sehingga empon-emponan bisa menjadi salah satu rekomendasi Jamu Penangkal Virus.

Memang manfaat empon-empon untuk virus corona belum ada yang meneliti. Sementara itu, Tambah Siti Sadiah Kadiv Pengabdian Masyarakat Pusat Studi Biofarmaka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB). Karena virus corona merupakan virus baru. Namun, pendekatannya bahwa virus itu dapat ditangkal dengan sistem imunitas yang bagus maka tanaman-tanaman yang berkhasiat sebagai imunomodulator, seperti empon-empon itu bisa menangkal serangan virus.

“Berbeda dengan bakteri yang cukup spesifik ada obatnya. Sistem kerja virus itu ya biasanya dengan meningkatkan sistem imun hingga virusnya akan kabur sendiri,” kata Ibu Siti Sadiah, kepada detikFood.

Jamu Penangkal Virus (empon-emponan)

Jamu Penangkal Virus Corona, Menjaga Imunitas Tubuh

Bahan-bahan empon-empon:

  • 150 gram jahe
  • 100 gram temulawak 150 ml air
  • Kunyit secukupnya
  • 2 batang kayu manis
  • 1 lembar daun pandan
  • 5 sendok gula merah/gula putih sesuai selera
  • Kencur secukupnya
  • 2 batang sereh

Cara Membuat Ramuan empon-empon

  • Bersihkan dan potong-potong semua bahan-bahan.
  • Rebus seluruh bahan sampai mendidih.
  • Saring air rebusan ke dalam gelas.
  • Tunggu air rebusan sampai hangat.
  • Setelah itu ramuan empon-empon siap diminum.
  • Ramuan empon-empon diminum pagi dan sore.

Penyebaran virus corona di Indonesia dan di dunia tak bisa dipungkiri membuat kecemasan yang cukup besar. Hal itu terbukti  rempah-rempah atau empon-empon digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jamu tradisional. Alhasil, empon-empon ini menjadi salah satu jamu yang banyak dicari masyarakat untuk menangkal virus corona saat ini.

Meski begitu, empon-empon hanya sebagai penangkal saja, bukan obat atau vaksin yang pasti untuk mencegah dan menyembuhkan virus corona. Tapi zat-zat yang terkandung didalamnya bisa memperkuat imunitas dalam tubuh kita. Berikut beberapa manfaat rempah-rempah yang ada dalam empon emponan.

Manfaat rempah-rempah yang ada dalam empon emponan

Berikut beberapa manfaat jahe yang sebagai salah satu bahan-bahan dalam empon-emponan, Yang tentunya sangat berguna dalam menjaga imunitas tubuh kita.

Manfaat Jahe Jamu Penangkal Virus

Manfaat Jahe

 

  1. Meringankan Nyeri Otot karena jahe terbukti memiliki analgesik dan anti imflamasi jadi bisa meringankan nyeri otot dari cedera.
  2. Meringankan Kram perut Saat Haid, kandungan tentu menunjukkan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen dalam menghilangkan rasa sakit pada wanita dengan dismenore primer
  3. Membantu Meringankan Rasa Sakit, akar jahe digunakan untuk pengobatan alternatif karena memiliki  minyak atsiri yang mengandung komponen aktif gingerol. Senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam jahe dipercaya penderita osteoarthritis atau rheumatoid arthritis bisa mengurangi rasa sakit dyang diderita ketika mereka mengkonsumsi jahe secara teratur. Fungsi Gingerol sendiri bisa menghambat pembentukan sitokin inflamasi dan juga berperan sebagai pembawa senyawa kimiawi dari sistem imun (kekebalan tubuh).
  4. Menenangkan Sistem Pencernaan, untuk gangguan pencernaan jahe memproduksi suatu zat yang bisa mengurangi produksi gas berlebih pada sistem pencernaan dan menenangkan usus.
  5. Mengurangi Mual Ringan, mengkonsumsi jahe membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan mabuk perjalanan seperti mual, pusing, muntah, dan keringat dingin.
  6. Komponen pedas dalam jahe sebagai oleoresin memiliki efek anti inflamasi terkuat yang bisa mengatasi peradangan.  Jahe juga dipercaya dapat menghentikan pelepasan sitokin inflamasi dalam sel imun.  Rasa sakit seperti ,radang sendi,  dan kram bisa dihilangkan dengan rutin mengkonsumsi jahe.
  7. Menurunkan Gula Darah, Tahun 2015 baru-baru ini dalam sebuah penelitian dengan diabetes tipe 2, 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah puasa sebesar 12%. Jahe juga dapat digunakan untuk meningkatkan HbA1c (penanda untuk kadar gula darah jangka panjang) yang mengarah ke pengurangan 10% selama periode 12 minggu.Kandungan antioksidan di dalam jahe juga dapat melawan berbagai macam jenis racun dalam tubuh.

Coba Juga Sejarah Minuman Jamu Tradisional Indonesia

Penutup

Demikian Jamu Penangkal Virus Corona, Menjaga Imunitas Tubuh. Tentunya dengan rutin mengkonsumsinya menjadikan daya tahan tubuh kita semakin terjaga. Jangan lupa juga terapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun. Gunakan hand sanitizer jika diperlukan.

ocha

Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button