oleh

Jamur Enoki, Aman kah untuk dikonsumsi?

Dapur Ocha, Jamur Enoki Aman kah untuk dikonsumsi?. Dikaitkan dengan wabah listeria di Kanada, Amerika Serikat, dan Australia, jamur enoki kini menjadi perbincangan banyak orang. Dikarenakan pada jamur enoki terdapat bakteri listeria, jamur ini di impor dari salah satu perusahaan Korea. Bakteri listeria memang dapat mencemari makanan yang dikelola di tempat lingkungan tak higienis. Bahkan, bakteri ini cukup mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

Bakteri Listeria monocytogenes yang menyerang tubuh bisa berdampak fatal, itu sebabnya Kementerian Pertanian (Kementan) merekomendasikan penarikan penyebaran jamur enoki, dan melakukan pemusnahaan jamur yang berasal dari perusahaan Korea selatan ini. Untungnya jamur ini belum sempat beredar dipasaran. Masyarakat harus tetap tenang dan tidak perlu khawatir, yang telah terjadi kemarin adalah langkah antisipatif dan pengawasan dari pemerintah. Pemerintah menjaga pangan masyarakat sehat dan aman,” pangkas Kuntoro saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Jenis Jamur Enoki atau Enokitake

Enoki atau enokitake adalah jenis jamur memiliki bentuk yang cukup unik, kecil-kecil dengan batang kurus memanjang seperti tauge tapi lebih panjang. Dan terdapat dalam masakan Jepang dan Korea, dan bisa diolah dalam menu rebusan atau tumisan. Dikenal juga sebagai jamur tauge, atau jamur jarum emas, jamur musim dingin. Kadang juga disantap sebagai gorengan renyah dan gurih dengan tambahan saus.

Cara Aman Memasak Jamur Enoki

 

Ada cara aman dalam mengkonsumsinya, sebaiknya dalam mengkonsumsinya harus prosedur kesehatan. Termasuk di dalamya cara memasak dan membersihkannya. Kuntoro mengimbau agar tidak mengkonsumsi jamur enoki dalam keadaan mentah ataupun setengah matang. Selain itu, sebaiknya dimasak pada suhu minimal 75 derajat celcius agar jika ada bakteri di dalamnya dapat mati karena suhu yang panas.

Pada saat penyimpanan enokitake juga perlu diperhatikan, agar tidak beresiko mengontaminasi produk makanan atau sayuran yang lain, karena bakteri  listeria yang kemungkinan ada pada enokitake ini dapat bertahan pada suhu dingin. Sebaiknya penyimpanannya dipisahkan dengan bahan makanan lain sebelum di olah menjadi hidangan. Karena itulah upaya pencegahan diperlukan yakni dengan pencucian mengunakan air mengalir, pengolahan melalui pemanasan dan penyimpanan yang benar.

Selain pada jamur enoki, bakteri Listeria monocytogenes biasanya juga mencemari sayuran dan daging merah, serta produk olahan berbahan susu seperti  yoghurt dan keju. Jamur enoki tumbuh di daerah lingkungan dengan suhu sekitar 23-27 derajat celsius pada fase vegetatif dan di lingkungan dengan suhu sekitar 13-18 derajat celsius di fase generatif. Jamur mengandung nutrisi yang bagus bagi kesehatan. Berdasar riset, jamur mengandung 19-35 persen protein lebih tinggi daripada beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen). Selain itu, terdapat  9 jenis dari 20 asam amino pada jamur enoki dan 72 persen lemaknya termasuk lemak tak jenuh yang cukup baik bagi tubuh. Sementara jamur ini memiliki kandungan kalori amat rendah.

Jamur mengandung nutrisi yang bagus, agar tidak terkontaminasi bakteri, maka perlu betul-betul diperhatikan pada saat penyimpan dan pengolahan. Buat Bunda yang belum pernah mencoba enokitake, kali ini Dapur Ocha akan membagikan resepnya yang cukup simple yang bisa bunda coba dirumah.

Enoki Beef Roll

Gambar Enoki Beef Roll

Bahan-bahan yang diperlukan:

  •   4 lembar daging sapi sukiyaki
  •   1 bungkus jamur enoki
  •   2-3 sdm kecap asin
  •   2 sdm saus tiram
  •   lada putih secukupnya
  •   1 sdt tepung maizena

Cara membuat:

  • Pertama, siapkan wadah, lalu campur kecap asin, saus tiram, lada putih dan tepung maizena.
  • Marinasi daging sapi dengan bumbu, rendam selama kurang lebih satu jam.
  • Sambil menunggu bumbu menyerap pada daging, bagi jamur menjadi empat bagian.
  • Gulung masing-masing bagian dengan daging sapi, lalu sematkan dengan tusuk gigi.
  • Panaskan minyak di dalam teflon. Panggang gulungan daging sapi hingga matang kecokelatan.
  • Tuang sisa bumbu rendaman di atasnya. Masak hingga kedua sisinya matang atau sesuai selera. Kalau sudah, angkat dan sajikan.
  • Sajikan dengan saus sambal.
Penutup

Demikian artikel tentang jamur enoki yang cukup aman dikonsumsi jika diolah dan dijaga kebersihannya dengan benar. Bunda juga bisa mencoba resep Jamur lainnya seperti 2 Resep Jamur istimewa hari ini. Terima kasih sudah berkunjung ke Dapur Ocha, semoga bermanfaat. Nantikan resep resep sedehana lainnya dari Dapur Ocha.