by

Manfaat Kulit Melinjo Untuk Obat Asam Urat

Dapur ocha, manfaat kulit melinjo untuk obat asam urat – Melinjo dapat kita manfaatkan untuk olahan makanan, termasuk kulit melinjo pun dipercaya sebagai obat asam urat. Melinjo merupakan sejenis tanaman yang dapat di konsumsi pada bagian biji, daun serta kulit melinjo. Kulit melinjo sendiri dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat, biasanya di jadikan sebagai salah satu obat herbal, yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kulit melinjo mempunyai warna merah, dapat dikonsumsi sebagai camilan atau tambahan lauk pauk, pelengkap menu makanan sehari hari. Berbagai aneka olahan yang dapat kita sajikan, dengan membuat resep kulit melinjo yang nikmat dan memiliki banyak khasiat serta manfaat.

Kulit melinjo, dan bagian biji melinjo dapat di olah, dengan aneka jenis masakan sehari hari, berupa campuran dalam resep sayuran. Selain itu dari segi khasiat dan manfaat kulit melinjo, dapat dijadikan obat herbal alami untuk penyakit asam urat.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Kulit Melinjo

manfaat kulit melinjo untuk obat asam urat

Di dalam kulit melinjo terdapat kandungan gizi dan manfaat, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, fosfor, zat besi, lemak, manfaat karbohidrat, protein, dan kalori. Manfaat kulit melinjo sendiri diantaranya dapat mengobati asam urat, dapat mengatasi sakit persendian, mengatasi penyakit kulit, mengurangi rasa tidak nyaman, dan mencegah batu ginjal. Mari kita simak berikut ini, beberapa penjelasan tentang manfaat kulit melinjo untuk kesehatan.

Simak juga: Manfaat Sayur Asem Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Kulit Melinjo Sebagai Obat Asam Urat

Melinjo pada bagian biji dan kulit, dapat bermanfaat untuk mengobati penderita asam urat, manfaat daun melinjo sendiri dapat dipergunakan untuk kesehatan. Kulit melinjo sendiri dapat menurunkan asam urat dalam waktu singkat, karena adanya senyawa pada kulit melinjod, dapat menghambat xanthin oksidase, yang merupakan sebuah zat enzim pensintesis asam.

Dengan memperbanyak konsumsi kulit melinjo setiap hari, maka anda dapat mencegah asam urat dalam waktu singkat, dan menjadi salah satu obat herbal alami untuk tubuh.

Manfaat Kulit Melinjo Dapat Mengatasi Sakit Persendian

Penderita asam urat biasanya terdapat kristal asam yang menempel pada persendian, akan membuat area persendian dapat mengalami pembengkakan, kemerahan, dan juga terasa nyeri ketika disentuh, atau ditekan terutama di malam hari.

Bagi penderitanya biasanya akan berawal dengan rasa nyeri pada area ibu jari kaki, kemudian semakin menyebar ke persendian lain seperti pergelangan kaki, tumit, jari tangan, sampai sendi tubuh lainnya. Kandungan gizi yang terdapat pada kulit melinjo, sangat berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit, ketika nyeri sudah mulai kambuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur.

Manfaat Kulit Melinjo Mengurangi Rasa Tidak Nyaman

Bagi penderita penyakit asam urat, terutama bagi yang sudah menderita cukup lama, tentu dapat memberikan rasa tidak nyaman, bahkan dapat mencapai beberapa minggu. Meskipun rasa sakit sudah tidak dirasakan, tetapi penderita asam urat akan merasa tidak nyaman.

Hal ini sering sekali terjadi oleh para penderita penyakit asam urat, namun dapat diatasi dengan mengkonsumsi kulit melinjo, karena mengandung zat besi dan berbagai kandungan lain, yang dibutuhkan oleh penderita asam urat.

Manfaat Kulit Melinjo Dapat Mengatasi Penyakit Kulit

Penderita penyakit asam urat yang terjadi selama beberapa tahun, pasti akan sering kambuh. Kristal asam urat dapat menyebabkan penyakit kulit, seperti benjolan pada permukaan kulit, yang tidak menimbulkan rasa sakit tapi dirasa tidak nyaman. Kristal tersebut terbentuk di bawah permukaan kulit, akibat penyakit asam urat, biasa dinamakan dengan tophi sering terjadi pada area pergelangan tangan, jari tangan, kaki dan area di bawah siku.

Kulit melinjo mengandung vitamin C, dan dapat mengatasi permasalahan penyakit kulit tersebut, karena khasiat vitamin C cukup banyak bagi kulit, sebaiknya Anda mengkonsumsi nya secara rutin dan teratur.

Manfaat Kulit Melinjo Dapat Mencegah Batu Ginjal

Penyakit asam urat sangat beresiko menimbulkan gejala batu ginjal, dan bahkan sampai menyebabkan kematian. Kristal yang terbentuk mempunyai kadar asam urat yang terlalu tinggi, dan dapat menempel pada saluran kemih, sering terjadi pada pria dewasa.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala penyakit batu ginjal tersebut diakibatkan oleh adanya komplikasi asam urat. Sering terjadi pada nyeri di area sekitar pinggang, demam, dan urin yang berdarah. Kulit melinjo mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral, penting sekali mengkonsumsi nya untuk mencegah komplikasi tersebut.

Manfaat kulit melinjo sendiri sangat banyak sekali, bila Anda rutin mengkonsumsi nya selain dapat mengobati asam urat. Bahkan sudah termasuk kategori obat herbal alami, yang mampu mencegah penyakit asam urat, dan mengobati secara langsung, tanpa efek samping.

Resep Kulit Melinjo

Resep Kulit Melinjo

Proses dan cara membuat resep kulit melinjo, untuk penderita asam urat, dalam mengolahnya cukup mudah. Bunda dapat mencobanya dirumah, karena penderita asam urat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi kulit melinjo. Silahkan simak di bawah ini, proses membuat resep kulit melinjo.

Bahan Kulit Melinjo

  • 1 bungkus kulit melinjo
  • 3 buah kemiri
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 buah cabe rawit merah
  • Garam
  • Gula

Cara Membuat Kulit Melinjo

  • Silahkan rebus kulit melinjo sampai empuk, kemudian tiriskan.
  • Selanjutnya ulek semua bumbu sampai halus seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, cabe sampai halus, dan beri sedikit garam serta gula.
  • Kemudian tumis bumbu yang sudah di ulek, lalu tambahkan sedikit air, dan masukkan kulit melinjo, tunggu sampai air surut, jangan lupa koreksi rasa.
  • Resep kulit melinjo siap dihidangkan, bersama nasi hangat untuk penderita asam urat, selamat mencoba.

Jangan Lewatkan: Manfaat Buah Naga Berikut Harga Jual Di Pasaran

Demikian yang dapat dapur ocha sampaikan, tentang manfaat kulit melinjo untuk obat asam urat, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah mengunjungi situs dapurocha.com, dimana kami menyajikan informasi pilihan, mengenai makanan, bisnis, gaya hidup, kesehatan, serta aneka macam resep makanan dan minuman, jangan lupa share ya, sampai jumpa kembali di informasi terbaru lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *