oleh

Manfaat Bumbu Dapur untuk mengobati penyakit

Dapur Ocha, Manfaat Bumbu Dapur untuk mengobati penyakit – Indonesia memiliki beraneka ragam bumbu dapur yang mempuyai fungsi dan manfaat yang berbeda beda. Tentunya siapapun setuju bahwa bumbu dapur merupakan salah satu unsur yang bisa membuat masakan menjadi lezat. Dan cita rasa masakan indonesia adalah masakan nusantara, yang kaya akan rempah rempahnya. Bunda pintar harus mengenal bumbu bumbu dapur untuk membuat hidangan menjadi spesial dan nikmat, tentunya dengan penggunaan bumbu dapur sesuai takaran atau kebutuhan.

Beberapa jenis bumbu dapur yang bunda kenal yaitu Jahe, Kunyit, kencur, Cengkeh, Pala, Jinten, Lengkuas, kayu manis, dan masih sangat banyak sekali tentunya. Bumbu dapur selain sebagai pelezat makanan jika bisa digunakan sebagai obat bermacam macam penyakit. Kali ini Dapur Ocha akan mengulas apa saja jenis bumbu dapur yang bisa bunda gunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Jenis Jenis bumbu Dapur dan manfaat penggunaannya

Manfaat Bumbu Dapur untuk mengobati penyakit

Rempah-rempah ini mudah di dapatkan dan sudah banyak di jual mulai dari indonesia sebagai penghasil utamanya bahkan hingga ke mancanegara. dan harganya pun tidak begitu mahal.

1. Manfaat Kunyit

Bumbu dapur Kunyit

Sejumlah penelitian yang dilakukan membuktikan manfaat dari zat curcumin di dalam kunyit bisa mengatasi peradangan dan juga meredakan rasa sakit. Kunyit bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan menstruasi, sakit perut, sakit kepala, dan nyeri pada persendian. Selain itu, kunyit juga di percaya untuk meningkatkan nafsu makan.

Manfaat kunyit untuk masakan tentunya kunyit mempunyai peran mengubah warna makanan menjadi kuning. Kunyit juga bisa menghilangan aroma anyir pada ayam, ikan dan daging sapi.

2. Manfaat Jahe

Jahe

Jahe sudah dikenal sejak jaman nenek moyang sebagai bumbu dapur yang punya banyak manfaat. Bunda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat. jahe dipercaya bisa menghilangkan mual, melawan peradangan rematik, kaya antioksidan, mengendalikan kadar gula darah diabetes. tentu masih banyak lagi manfaat jahe untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang optimal, sebaiknya pilih jahe yang masih segar.

Resep untuk membuat air jahe di rumah adalah sebagai berikut:

• Parut 1,5 sendok teh jahe segar
• Rebus 4 gelas air
• Tambahkan jahe ke dalam air
• Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit
• Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe
• Air jahe dapat diminum hangat maupun dingin.
• Bila rasanya terlalu kuat, Anda boleh menambahkan perasan air lemon atau madu.

Sedangkan fungsi Jahe dalam masakan yaitu ; Jahe memberikan aroma khas tertentu pada masakan. Jahe juga dapat menghilangkan bau anyir pada daging atau ikan.

3. Manfaat Sereh

sereh

Bumbu dapur yang satu ini juga tidak kalah manfaatnya. sereh ternyata bisa meredakan stress karena aroma sereh dapat memaksimalkan kerja saraf dan juga bersifat menhangatkan. sereh juga di percaya bisa mengurangi nyeri. Untuk caranya adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak sereh wangi dengan minyak kelapa yang kemudian dilarutkan bersama air hangat sebagai bahan perendam anggota tubuh yang terserang nyeri.

Penelitian menunjukkan, daun sereh memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada usus, lambung, saluran kemih dan luka. Sereh juga diketahui berkhasiat sebagai , pereda kejang, diuretikdan antirematik. Dalam masakan sereh berfungsi sebagai pengharum masakan. Dan yang digunakan batang sereh yang berwarna putih. Sereh juga bisa dibuat sambal dan cukup enak.

4. Manfaat Pala

Pala

Jika bunda mempunyai masalah sulit tidur, rempah pala bisa menjadi solusinya. Bunda bisa mengunakan Air rebusan bunga pala untuk mengatasinya. Pala juga berfungsi melancarkan peredaran darah dan mengatasi masalah pencernaan. Sebuah riset di Thailand menyatakan kandungan zat di dalam pala bisa menghambat pertumbuhan kanker.

Pala pada masakan berfungsi sebagai penguat rasa dan pemberi aroma harum dalam masakan yang cenderung pedas atau menghangatkan. Beberapa makanan yang menggunakan bubuk pala dalam masakan seperti semur daging, gulai, kari, berbagai masakan Timur Tengah dan lainnya.

5. Manfaat Kayu Manis

Kayu manis

Bumbu dapur yang satu ini juga menjadi primadona di dunia perbumbuan ada. Manfaat kayu manis untuk kesehatan sangat banyak. Kayu manis mengandung zat besi, kalsium, dan mangan yang merupakan zat penting untuk tubuh. Kayu manis mengandung anti-oksidan dan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kayu manis juga bersifat anti-bakteri sehingga mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat jika diaplikasikan di kulit.

Kayu manis sebagai Bumbu masak termasuk termasuk versatile, karena bisa digunakan di masakan manis maupun savory. Cinnamon tea, wedang uwuh, Cinnamon roll, atau cokelat hangat. Wangi kayu manis yang eksotis dapat dijadikan aromaterapi. Caranya, campurkan bubuk kayu manis dalam lilin buatan sendiri, atau ikat beberapa batang kayu manis mengelilingi lilin.

Baca Juga : Ramuan Alami Wanita Agar Lebih Di Sayang Suami

Penutup

Demikian 6 jenis bumbu dapur yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Pengunaan bumbu dapur sebagai obat herbal tentu lebih alami bukan?. Selain untuk kesehatan bumbu dapur memiliki peran yang cukup penting dalam masakan. Dengan penambahan Bumbu Dapur dan rempah rempah, membuat masakan menjadi semakin lezat tentunya. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini. Terima kasih

Apabila Artikel menarik silahkan berlangganan di Dapur Ocha.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed