oleh

Manfaat Cokelat Berikut Kandungannya

Dapur Ocha, Manfaat Cokelat Berikut Kandungannya – Cokelat dibuat dari buah kakao Theobroma yang merupakan tanaman asli Amazon dan lembah sungai Orinoco di Amerika Serikat. Tanaman ini tumbuh subur di daerah panas dan lembab, dengan ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memproduksi kakao terbesar di dunia.

Cokelat terbagi menjadi empat kategori utama:

Cokelat sendiri terbagi dalam beberapa jenis, yang mungkin bunda belum mengetahuinya, tentu banyak kandungan zat gizi di dalamannya.

Baca Juga: 4 Resep Makanan Yang Mengandung Curcuma Pencegah Corona

1. Cokelat susu (milk chocolate)

Cokelat yang mengandung susu tambahan menjadikan rasa cokelat tidak pahit dan jenis cokelat ini paling banyak didistribusikan.

2. Cokelat hitam (dark chocolate)

Cokelat hitam adalah bentuk yang paling dekat dengan kakao murni. Kandungan lemak yang terdapat pada jenis cokelat ini bukan berasal dari susu, melainkan dari biji kakao sehingga membuat rasa cokelat ini seperti biji kakao.

3. Cokelat putih (white chocolate)

Cokelat putih sama seperti cokelat susu, mengandung banyak susu dan tambahan gula. Perbedaan antara dua cokelat ini adalah tidak ada padatan kakao dalam cokelat putih. Satu-satunya produk kakao yang digunakan adalah lemak biji kakao.

4. Cokelat ruby

Jenis cokelat ini adalah jenis terbaru yang dikeluarkan pada tahun 2017. Cokelat ini terbuat dari kacang khusus yang dikenal sebagai biji kakao ruby. Proses pembuatannya memberi warna merah muda pada cokelat dan rasanya adalah kombinasi manis dan asam.

Selengkapnya Tentang: Resep Puding Susu Coklat Berikut Harga Dan Gambarnya

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan:

Kandungan antioksidan dalam cokelat memiliki manfaat untuk kesehatan. Semakin tinggi kandungan kakao, seperti cokelat hitam, semakin banyak manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan.

#Menurunkan kadar kolestrol

Penelitian mengklaim bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengurangi kolestrol dan meningkatkan tekanan darah.

#Mencegah penurunan kognitif

Dengan meminum dua cangkir cokelat panas sehari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan daya ingat pada orang tua. Cokelat panas membantu meningkatkan alirah darah ke bagian otak. Di sisi lain, ekstrak kakao dapat mengurangi atau mencegah kerusakan saraf yang biasanya ditemukan pada pasien dengan penyakit Alzheimer.

#Penyakit jantung dan stroke

Dengan mengonsumsi cokelat, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga sepertiga. Ilmuan mengatakan bahwa orang yang makan satu porsi cokelat memiliki kemungkinan 22% lebih kecil untuk mengalami stroke.

#Performa atletik

Dengan memakan sedikt saja cokelat hitam, dapat meningkatkan kandungan oksigen selama olahraga. Karena di dalam cokelat hitam mengandung flavonol yang dapat meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh.

Konsumsi Cokelat Berlebihan Dapat mengakibatkan

Cokelat mungkin memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi cokelat juga dapat memiliki beberapa efek negatif untuk kesehatan.

#Kenaikan berat badan

Beberapa jenis cokelat memiliki jumlah kalori yang tinggi karena kandungan gula dan lemaknya yang dapat mengakibatkan berat badan bertambah.

#Kandungan gula

Kandungan gula yang terdapat pada kebanyakan cokelat susu dan cokelat putih dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

#Resiko migrain

Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan migrain ketika makan cokelat secara teratur karena kandungan tyramine, histamin dan fenilalanin kakao.

#Kesehatan tulang

Beberapa penelitian mengatakan bahwa cokelat dapat menyebabkan struktur tulang dan osteoporosis yang cukup buruk. Wanita yang lebih tua yang mengonsumsi cokelat dalam porsi yang besar memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang lebih rendah.

#Mengandung logam

Beberapa bubuk kakao, batang cokelat dan biji kakao mungkin mengandung kadar cadmium dan timbal yang tinggi sehingga memberikan efek negatif untuk ginjal, tulang dan jaringan tubuh lainnya.

Info: Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Tubuh

Penutup

Mengkonsumsi cokelat secara teratur tentu saja dapat menjadi hal yang buruk. Oleh karena itu konsumsi cokelat dengan jumlah yang sedang karena baik untuk kesehatan. Selalu pilih cokelat dengan kakao diatas 70% dan pilih merek yang bijak agar kadmium, timah dan gula tetap rendah.

Demikian yang dapat dapur ocha bagikan, tentang Manfaat Cokelat Berikut Kandungannya. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua, terima kasih sudah berkunjung ke dapurocha.com samai jumpa kembali.