Manfaat Jengkol Selain Makanan Baik Untuk Kesehatan

Diposting pada

Dapur ocha, manfaat jengkol selain makanan baik untuk kesehatan - Ternyata jengkol bukan hanya mempunyai bau yang khas dan menyengat seperti pete, akan tetapi banyak orang yang sangat menggemari makanan yang satu ini. Jengkol sendiri bisa dimasak menjadi berbagai macam olahan masakan seperti balado jengkol, rendang jengkol, semur jengkol, jengkol goreng, untuk teman makan nasi, sambal serta manfaat kulit jengkol baik untuk kesehatan.

Tekstur yang terdapat pada jengkol sangat lembut, tentuna memiliki citarasa khas yang dapat membuat banyak orang ketagihan saat menyantapnya. Selain mempunyai rasa yang nikmat, makanan ini juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, antara lain kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan lain sebagainya.

Manfaat Jengkol Untuk Tubuh

Manfaat Jengkol Untuk Tubuh Manusia

Banyak sekali manfaat jengkol yang bisa kita dapatkan, selain untuk mengenyangkan perut, tentu makanan ini bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan di alam tubuh, berikut ulasan yang dapat dapur ocha berikan.

Beberapa Macam Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Perlu kita ketahui bahwasanya di alam jengkol sendiri, banyak yang dapat kita manfaatkan, yang baik untuk kesehatan. Selain rasanya yang enak, tentunya ada beberapa kandungan yang mungkin dari Anda ingin mengetahui, silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Jengkol Dapat Mencegah Anemia

Jengkol mengandung zat besi yang cukup tinggi, sangat baik untuk mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah didalam tubuh. Apabila tubuh manusia kekurangan zat besi, maka gejala anemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan ini secara teratur.

Manfaat Jengkol Untuk Dapat Membantu Pembentukan Jaringan Tubuh

Jengkol mempunyai protein yang cukup tinggi, dan dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein yang terdapat di dalam makanan ini bahkan lebih banyak dibandingkan dengan protein pada kacang kedelai, atau kacang hijau sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Jengkol Dapat Mencegah Kerusakan Tulang dan Gigi

Mengkonsumsi makanan berupa jengkol goreng, balado jengkol dan lainnya, juga dapat mencegah pengeroposan tulang dan menguatkan gigi. Nah maka dari itu kita bisa memanfaatkan makanan ini seminggu sekali untuk di konsumsi, agar tulang dan gigi kita semakin terjaga tetap sehat.

Manfaat Jengkol Bisa Mencegah Radikal Bebas

Makanan berupa jengkol mengandung vitamin seperti vitamin A, B1, B2 serta vitamin C. Vitamin A dan C yang terdapat didalam jengkol, sangat berguna untuk antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Manfaat Jengkol Dapat Mencegah Diabetes

Dengan mengkonsumsi rendang jengkol, ataupun jengkol goreng, maka penyakit diabetes dapat dicegah. Karena didalamnya zat asam jengkolat yang mengkristal, dan tidak larut dalam air. Meskipun mengkonsumsi jengkol dapat mencegah diabetes, akan tetapi tidak disarankan untuk pasien penderita gangguan ginjal, karena dikhawatirkan organ ginjal tidak bisa menyaring asam jengkolat secara sempurna.

Manfaat Jengkol Sangat Baik Untuk Organ Vital Tubuh

Manfaat dari jengkol bisa membuat organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik, terlebih akan mendapatkan asupan asam folat dan vitamin B6 yang cukup. Selain itu asam folat yang berada di dalam jengkol, sangat penting untuk perkembangan janin yang bisa anda konsumsi secara teratur namun tidak berlebihan.

Manfaat Jengkol Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat jengkol juga bisa mengontrol kadar gula darah, karena mengandung zat gula ramah untuk penderita diabetes sebab sangat mudah untuk terurai. Kandungan gula didalam jengkol nantinya akan diubah menjadi sumber energi, sehingga daya tahan tubuh bisa meningkat yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Jengkol Menjadi Sumber Antioksidan Untuk Jantung

Jengkol juga mempunyai antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, sangat baik untuk kesehatan jantung bila di konsumsi, karena akan memperlancar aliran darah yang tersumbat akibat zat yang menghalangi.

Baca Juga: Resep Tumis Jengkol Lada Hitam Ala Aida Zahwa

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

Tips Mengolah Jengkol Agar Tidak Bau

  • Sisihkan air bekas cucian beras kedalam gelas.
  • Kupas jengkol dan cuci sampai bersih, kemudian belah tiap keping menjadi 2 bagian.
  • Rendam jengkol dalam air cucian beras tersebut seharian penuh (24 jam).
  • Esokan harinya sisihkan kembali, buang air rendaman jengkol, ganti dengan air cucian beras yang baru.
  • Rendam kembali selama seharian penuh.

Note: Perendaman ini bisa Anda lakukan 2 sampai 3 kali, maka baunya akan semakin berkurang, lalu tiriskan, dan jengkol siap untuk di masak.

Penutup

Demikian yang dapat dapur ocha sampaikan, tentang manfaat jengkol selain makanan baik untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih telah berkunjung ke dapurocha.com, sampai jumpa kembali di informasi lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, bisnis, wisata, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *