6 Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

Diposting pada

Dapur ocha, 6 manfaat kacang kedelai untuk kesehatan - Kacang kedelai termasuk kedalam jenis polong-polongan, dan banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain tedapat banyak sekali khasiat dan manfaat dari kacang kedelai, tentu dapat anda oleh dengan berbagai menu makanan seperti tempe, tahu, dan susu kedelai.

Kacang kedelai merupakan makanan yang setiap saat dikonsumsi oleh semua masyarakat. Karena banyak sekali manfaat kacang kedelai, yang dapat kita ambil bila di konsumsi. Terutama konsumsi kacang kedelai sangat baik bagi kesehatan tubuh, mari kita simak di bawah ini beberapa khasiat serta manfaatnya.

Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang kedelai mempunyai banyak nilai kandungan dan gizi, yang sangat di perlukan oleh tubuh. Selain dapat menjaga kesehatan, tentunya kacang kedelai dapat di olah menjadi berbagai resep masakan sehari hari. Silahkan simak di bawah ini beberapa manfaat kacang kedelai, yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Baca: 5 Resep Cemilan Kacang Kedelai Yang Lezat

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Pencernaan

manfaat kacang kedelai untuk kesehatan

Kacang kedelai sangat baik untuk sistem pencernaan, karena mengandungan serat larut didalamnya, yang akan membantu mempercepat pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan. Konsumsi kacang kedelai, akan meningkatkan kesehatan pencernaan, dengan buang air besar yang normal. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang kedelai, pada menu makanan sehari hari, untuk mencegah kanker usus besar, sembelit, serta wasir.

Manfaat Kacang Kedelai Dapat Mencegah Oesteoporosis

Di dalam kacang kedelai mengandung isoflavon, dimana zat ini mempunyai struktur kimia yang mirip dengan estrogen. Konsumsi kacang kedelai dapat membantu menjaga kesehatan tulang, terutama pada lanjut usia (lansia). Karena pada lanjut usia (lansia) biasanya, sangat rentan terhadap oesteoporosis, hal ini Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi berbagai olahan kacang kedelai.

Manfaat Kacang Kedelai Dapat Mencegah Radikal Bebas

Kacang kedelai mengandung zat isoflavon di dalamnya, dan merupakan senyawa yang baik yang dapat memperbaiki sel yang rusak didalam tubu, yang diakibatkan oleh pencemaran udara (polusi udara). Terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar rumah, sangat di anjurkan untuk konsumsi kacang kedelai dengan teratur, guna mencegah radikal bebas penyebab kanker.

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan Otak

Kacang kedelai juga mengandung lesitin di dalamnya, dan akan menjaga kesehatan dan kinerja otak. Lesitin yang terdapat pada kacang kedelai, dapat mencegah gejala penyakit alzheimer, dan mempunyai kandungan pitosterol yang akan membantu meningkatkan kekuatan sel saraf dalam otak.

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan Jantung

Dari sebagian olahan kedelai, ternyata minyak kedelai merupakan sumber asam lemak tak jenuh ganda, termasuk dua asam lemak esensial yang disebut asam linoleat, serta asam linolenat. Kedua asam lemak tersebut akan mempengaruhi kontraksi otot polos, dan tekanan darah yang akan membantu menjaga kesehatan pada jantung.

Baca: Manfaat Kulit Melinjo Untuk Obat Asam Urat

Khasiat Dan Manfaat Kacang Kedelai Yang Lain

  • Dapat mengurangi kolesterol
  • Dapat mencegah potensi terjangkit penyakit kanker
  • Menurunkan risiko penyakit arteri koroner
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah penyakit jantung koroner
  • Menjaga kesehatan mata
  • Dapat meningkatkan imunitas tubuh
  • Mencegah diabetes
  • Menjaga kesehatan tulang

Kacang kedelai yang mentah terdapat zat goitrogens, yang akan mengganggu kelenjar tiroid. Di dalam kacang kedelai juga terkandung zat oksalat, sehingga seseorang yang mempunyai masalah dengan oksalat harus menghindari konsumsi olahan makanan kacang kedelai secara berlebihan, karena dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal nantinya.

Catatan: Bagi wanita menderita tumor payudara, harus membatasi asupan kacang kedelai, sebaiknya tidak lebih dari 4 porsi/minggu. Karena wanita yang mengalami reseptor estrogen, atau tumor payudara positif harus membatasi asupan kacang kedelai dan harus menghindari suplemen kedelai isoflavon.

Baca: 6 Resep Aneka Makanan Kacang Kedelai

Penutup

Demikian yang dapat dapur ocha bagikan kali ini, tentang 6 manfaat kacang kedelai untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, agar menjaga hidup tetap sehat. Terima kasih sudah mengunjungi dapurocha.com, jangan lupa di bagikan kepada rekan-rekan, sampai jumpa kembali di informasi kesehatan lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, bisnis, wisata, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *