14 Manfaat Mpasi Untuk Kesehatan Bayi

Diposting pada

Dapur ocha, 14 manfaat mpasi untuk kesehatan bayi - Makanan pendamping asi, atau yang sering kita sebut MPASI merupakan tambahan makanan bayi ketika umur 6 bulan ke atas. Jenis makanan pendamping asi seperti ini bersifat, hanya mendampingi saja, meski bayi telah diberi mpasi, susu asi tetap harus diberikan kepada buah hati. Karena air susu ibu, menjadi wajib diberikan sampai bayi umur 2 tahun.

Banyak para ibu yang memberikan MPASI di umur 4 bulan bahkan kurang, hal ini tentu tidak di anjurkan karena kondisi sistem pencernaan anak, pada usia tersebut belum belum begitu maksimal atau kuat. Dalam memberi makanan pendamping asi, justru dikhawatirkan akan melukai organ pencernaan pada sang bayi. Jenis apa saja yang dapat di berikan pada bayi, untuk makanan penambah asi, silahkan simak di bawah ini.

Jenis Makanan Penamping Asi (MPASI)

Banyak sekali jenis MPASI yang dapat kita olah, dan diberikan kepada anak. Bunda harus memperhatikan kandungan gizi dalam bahan yang akan di pergunakan. Di bawah ini ada beberapa makanan yang sangat baik, untuk diberikan kepada bayi umur 6 bulan ke atas, mari kita lihat.

Baca: Resep Makanan balita Capcay Ayam Kuah MPASI

1. MPASI Lembut

14 manfaat mpasi untuk kesehatan bayi

Dengan memberikan makanan yang lembut, sangat di anjurkan untuk bayi umur 6 bulan. Banyak sekali makanan pendamping asi yang dijual di supermarket, seperti produk bubur, dan sereal instan, atau bunda dapat membuatnya sendiri di rumah. Sangat di sarankan untuk memberikan seperti buah-buahan, sayuran yang dihaluskan dengan blender bagi yang ingin membuatnya. Contohnya seperti buah pisang yang di kerok, buah naga atau jenis buah alpukat.

2. Finger Food

Jenis Mpasi yang lain berupa finger food, yang merupakan makanan pendamping asi cukup lembut, sangat di anjurkan untuk di berikan kepada bayi usia 7 - 8 bulan. Finger food sendiri dapat di berikan kepada sang anak, dan di pegang sendiri untuk memakan sendiri. Bayi pada usia tersebut sangat menyukai makanan jenis ini, dan biasanya akan langsung memakan finger food.

3. Makanan Lanjutan

Bunda dapat memberikan makanan lanjutan, ketika usia bayi berumur 1 tahun, tentu akan makan dengan baik untuk menjaga kesehatannya. Kita dapat memberikan mpasi seperti makanan lanjutan, dimana jenis makanan seperti ini biasa kita makan sehari-hari, seperti sayuran dan buah-buahan. Bayi yang berusia 1 tahun biasanya sudah dapat memakan nasi, ayam, telur atau ikan. Perlu kita perhatikan juga jangan terlalu banyak menambahkan bumbu masak seperti gula, garam dan lainnya, sebaiknya makanan dimasak dengan cara plain.

Cara Memberikan MPASI Pada Bayi Usia Dini

Bunda dapat memberikan mpasi pada bayi, dengan aturan yang membantu dalam masa pertumbuhan, dan menjaga kesehatan bayi. Antara lain:

  • MPASI dapat diberikan pada saat bayi memasuki usia 6 bulan atau lebih.
  • Bunda dapat memberikan mpasi ketika sang bayi mulai memperhatikan makanan yang biasa dimakan orang dewasa.
  • Ketika bayi sudah bisa mengunyah makanan, ada baiknya memberikan makanan pendamping asi.
  • Ketika bayi sudah bisa duduk sangat di anjurkan untuk memberikan MPASI.
  • Ketika bayi meminum susu lebih banyak, dari pada biasanya serta sering terbangun di saat tidur, maka bunda dapat memberikan mpasi kepada buah hati.
  • Memberikan MPASI dengan tekstur lembut, contohnya seperti bubur sum-sum, buah-buahan yang diblender, atau biskuit bayi.
  • Hindari memberikan makanan yang banyak mengandung gula, garam dan penyedap rasa.
  • Hindari memberikan susu sapi, dan susu kental manis pada bayi usia dibawah 1 tahun.

Manfaat MPASI Untuk Menjaga Kesehatan Bayi

Selain memberikan dan jenis yang sudah di jelaskan diatas, kini kita melihat beberapa manfaat MPASI untuk menjaga kesehatan bayi, silahkan simak di bawah ini beberapa khasiat makanan pendamping asi untuk perkembangan sang anak.

1. Dapat Menambah Vitamin dan Mineral

Kandungan gizi dan nutrisi, di dalam makanan pendamping asi cukup banyak, dibandingkan air susu ibu. Vitamin dan mineralnya tersebut dapat di dapatkan dari buah-buahan, sayur atau jenis mpasi lainnya. Zat makanan didalamnya akan mempengaruhi produksifitas enzim dan hormon, yang sangat di butuhkan pada bayi agar bisa tumbuh dengan baik.

2. Dapat Melepas ASI Secara Perlahan

Banyak bayi yang cukup sulit atau enggan lepas dari air susu ibu, padahal usia mereka sudah di atas 2 tahun. Hal seperti ini disebabkan karena ibu jarang memberikan mpasi, pada sang anak usia dini. Sangat di anjurkan oleh para ahli gizi, untuk memberikan makanan pendamping asi waktu masuk usia 6 bulan, dengan memperkenalkan makanan seperti ini akan membantu melepas asi secara perlahan.

3. Membantu Pertumbuhan Bayi

ASI sangat utama dan dibutuhkan oleh tubuh anak, akan tetapi tidak semua ibu dapat memberikan ASI yang berlimpah. Salah satunya dapat memberikan mpasi, dan merupakan kewajiban yang harus diberikan pada anak umur 6 bulan. Supaya anak bisa tumbuh dengan baik, tidak terkena gizi buruk dan tentunya menjaga kesehatan bayi tersebut.

Baca: Resep Bubur Bayi 6-12 bulan Sederhana

4. Manfaat MPASI Dapat Mencegah Gizi Buruk

Gizi buruk dapat menimpa anak kecil, terutama pada balita yang mempunyai badan kurus, dan tidak bisa tumbuh sebagaimana anak normal lainnya. Dalam hal ini kecerdasaan sang anak akan sulit untuk berkembang, dan biasanya lambat bicara atau belum bisa berjalan. Agar dapat mencegah hal ini terjadi, bunda dapat memberikan MPASI, ketika usia bayi 6 bulan ke atas, dengan pemilihan makanan sehat secara rutin.

Khasiat Dan Manfaat MPASI Untuk Bayi Yang Lain

  • Dapat mencegah busung lapar
  • Mpasi dapat meningkatkan kecerdasan Anak
  • Dapat mencegah gangguan pertumbuhan tulang dan gigi
  • Memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh bayi
  • Membantu menambah berat badan

Cara Membuat Makanan Pendamping Asi (MPASI)

Menu makanan pendamping asi, atau yang sering kita sebut mpasi terdapat banyak sekali, aneka jenis buah-buahan dan sayuran yang dapat diberikan pada bayi. Salah satunya dapat kita berikan bubur bayi, tapi setelah bayi mampu memakan MPASI dengan baik. Bunda dapat menghindari memberikan gula tinggi pada bayi, karena bisa meningkatkan resiko kanker, obesitas, gangguan psikomotorik dan juga mental, hal ini akan membuat anak kurang enerjik. Silahkan simak di bawah beberapa makanan pendamping Asi.

1. Bubur Bayi

Membuat bubur bayi salah satunya dapat bunda berikan kepada anak, ada 2 jenis bubur seperti ini, diantaranya bubur sumsum, dan bubur beras. Kedua jenis bubur seperti ini cocok diberikan pada bayi 6 - 7 bulan. Cara membuat bubur bayi cukup sederhana, dan praktis siapapun dapat mengolahnya. Hal yang terpenting dalam makanan pendamping asi seperti ini, jangan tambahkan terlalu banyak penyedap rasa, seperti gula, dan garam. Sebaiknya masak dengan plain (hambar).

2. Sereal Bayi

Dalam mengolah sereal sangat mudah dibuat, hanya dengan diseduh bersama air panas, sudah dapat membuat makanan pendamping asi seperti ini. Tetapi bunda juga perlu hati-hati dalam memberikan sereal, jangan terlalu banyak, dalam sehari bunda dapat memberikannya cukup 1 kali.

3. Buah Buahan

Buah-buahan tentu sangat bagus di konsumsi oleh bayi, diantaranya yang dapat bunda berikan ialah seperti pisang, alpukat, atau buah naga, cara mengolahnya dapat di kerok atau di haluskan dengan menggunakan blender. Selain buah tersebut dapat bunda berikan juga seperti jeruk, mangga, apel.

4. Sayuran

Bunda dapat memberikan MPASI seperti sayuran untuk bayi, dapat di olah dengan cara diblender, kemudian dicampurkan ke dalam bubur beras. Selain banyak manfaat Mpasi seperti ini, juga membantu dalam masa pertumbuhan sang Anak, terutama dalam kecerdasannya.

5. Puding Bayi

Puding menjadi salah satu makanan favorit bayi, sudah banyak dijual puding bayi rasa susu, dan rasa buah dalam kemasan instan di supermarket. Tetapi bila bunda ingin membuat puding bayi, dapat mencoba mengolah silky pudding sendiri, dengan puding plain, susu formula dan jus buah yang dipanaskan secara bersamaan. Jangan menambahkan gula banyak kedalamnya, dan tidak dianjurkan untuk menggunakan susu sapi atau susu kental manis.

Catatan: Selain manfaat mpasi dan makanan pendaming asi, kami berikan referensi tambahan, untuk bunda dapat berikan kepada sang bayi. Bunda dapat memberikan mpasi seperti kentang rebus, telur rebus, sup ayam, roti dan ikan fillet yang digoreng.

Baca: Resep Makanan Bayi Usia 10 Bulan

Penutup

Demikian yang dapat dapur ocha bagikan kali ini, tentang, semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi bunda yang sedang mencari info ini. Terima kasih sudah berkunjung ke dapurocha.com, jangan lupa dibagikan ya, untuk menambah wawasan bagi kita semua, sampai jumpa kembali di informasi lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *