Teknik Mencetak Kue Semprit Agar Sempurna

Diposting pada

Dapur ocha, Teknik Mencetak Kue Semprit Agar Sempurna - Kelezatan kue semprit menjadi salah satu yang istimewa, bahkan menjelang hari raya atau ketika ada acara perayaan. Kue semprit merupakan salah satu kue kering yang cukup populer, bahkan di Indonesia sendiri masyarakatnya sangat antusias dalam membuat kue special ini.

Kue semprit bisa dikreasikan dengan menggunakan aneka jenis bahan, karena kue kering yang satu ini sebenarnya terbuat dengan menggunakan bahan dasar yang serupa dengan kue kering lainnya. Namun ada perbedaan dalam cara membentuk, dan mencetak kue semprit yang tergolong tricky.

Beberapa Teknik Mencetak Kue Semprit

Teknik Mencetak Kue Semprit Agar Sempurna

Telah banyak orang yang beranggapan apabila membuat kue semprit itu susah, terutama saat harus membentuk adonannya. Padahal tingkat kesulitan tersebut, dapat kita tangani dengan praktis bila bunda telah memahami beberapa tips di bawah ini:

Perhatikan Tingkat Ketebalan Mencetak Kue Semprit

Kue semprit sendiri terbagi beberapa jenis, yang pertama sangat tipis seperti lidah kucing, tetapi ada pula yang dapat dibentuk lebih tebal dengan aneka bentuk seperti bunga ataupun stick. Dalam tingkat ketebalan kue semprit dapat kita atur, dengan cara memilih spuit atau cetakan yang tepat untuk proses pembentukannya.

Ketebalan kue semprit juga tergantung daripada besarnya lubang, yang bunda bentuk dari plastik segitiga (cetakan kue semprit). Jika ingin membuat kue semprit dengan bentuk stick, pastikan bunda membuat lubang berukuran kecil terlebih dahulu pada plastik segitiga (cetakan kue semprit). Lubang tersebut lebih kecil daripada lubang untuk membuat kue lidah kucing yang bunda cetak.

Baca Juga: 14 Teknik Memasak Makanan Ala Chef

Konsistensi Dalam Adonan Mencetak Kue Semprit

Konsistensi dalam membuat adonan kue semprit, menjadi faktor penentu keberhasilan pembuatan kue tersebut. Apabila adonan kue kering terlalu cair, dapat menghasilkan kue semprit yang tidak bagus dalam segi bentuk, dan sulit untuk dicetak. Sementara adonan yang terlalu keras, akan membuat tekstur kue menjadi kurang renyah.

Solusi terbaik bunda sebaiknya mengikuti resep kue kering dengan seksama, agar takaran bahan yang dipergunakan dapat diproses dengan pas. Cara seperti ini tentu sangat baik, untuk menghasilkan kue semprit yang lezat dan renyah.

Tips Mencetak Kue Semprit Agar Tidak Keras dan Lengket

  • Apabila kue yang mempunyai tekstur keras, tentu saja menjadi tidak enak dimakan.
  • Untuk menghindari tekstur kue semprit yang keras, usahakan untuk menggunakan takaran margarin yang sesuai saat membuat adonan.
  • Bunda dapat menggunakan margarin untuk kue, agar dapat menciptakan tekstur kue semprit yang lembut.
  • Perpaduan tekstur yang lembut dengan aroma dan rasa yang gurih akan membuat kue semprit buatan bunda terasa semakin istimewa.
  • Agar kue yang telah matang tidak lengket di dalam loyang, bunda perlu mengoleskan sedikit margarin kue secara merata kedalam permukaan loyang.

Note: Bila ingin berhemat dan berkreasi saat menyambut hari raya atau hari perayaan tertentu, bunda bisa berkreasi dengan kue lebaran dan memadukannya dengan kelezatan produk margarin kue.

Demikian yang dapat dapurocha bagikan kali ini, semoga teknik mencetak kue semprit agar sempurna ini, menjadi manfaat untuk kita semua, jangan lupa kunjungi terus dapurocha.com, agar mendapatkan informasi terbaru lainnya, sampai jumpa di resep selanjutnya terima kasih.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, bisnis, wisata, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *