minumanNewsUncategorizedWisata

Mengenal Seni dan Budaya Betawi Yang Cukup Legendaris

Dapur Ocha, Mengenal Seni dan Budaya Betawi Yang Cukup Legendaris. Sejarah Suku betawi memang tidak bisa dipisahkan dengan seni dan budaya betawi. Suku Betawi merupakan suku penduduk Indonesia yang sebagian besar penduduknya tinggal di Jakarta. Suku Ini memeiliki beberapa kesenian betawi cukup menyita banyak perhatian masyarakat. Sebagian keseniannya justru sangat legendaris di Ibu Kota Jakarta. Kesenian ini menjadi ciri khas berkembangnya kebudayaan suku betawi.

Seni dan budaya betawi bisa Anda lihat dari icon icon yang ada seperti Ondel-Ondel, Kembang Kelapa, Gigi Balang, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang. Selain Icon Icon Itu Betawi Juga memilki makanan dan minuman khas seperti kerak telor dan bir pletok. Seniman betawi juga cukup banyak. Suku Betawi memang memilki Seni Budaya yang cukup menarik, dari Icon, seniman, makanan dan minumannya.

Seni dan Budaya Betawi Yang Cukup Legendaris

Mengenal Seni dan Budaya Betawi Yang Cukup Legendaris

Tari Topeng Betawi

Tari Topeng Betawi merupan salah satu kesenian betawi  yang tarian nya sebagian besar dibawakan oleh perempuan. Pertunjukan traditonal tari topeng merupakan gabungan antara musik dan tarian topeng. Seiring berjalan jenis variasinya semakin berkembang. Topeng Tunggal, Gegot Enjot-enjotan, Topeng Ekspresi, Topeng Cantik, Topeng Putri, dan masih ada lagi beberapa lainnya. Pementasan tari topeng bisa digabungan kan dengan drama atau lawakan dalam pementasan.

Ondel-Ondel

Siapa yang tidak mengenal seni dan budaya yang satu ini Ondel-Ondel, Icon Ibu Kota ini cukup banyak menarik perhatian masyarakat terutama anak-anak. Ondel-ondel sudah Ada mulai abad ke 16. ondel -ondel adalah boneka raksasa besar yang di arak warga kampung yang konon bisa mengusir roh roh jahat. Boneka ini dianggap boneka sakral pada zamannya, tapi sekarang ondel-ondel digunakan sebagian orang untuk mengamen.

Lenong

Sekitar tahun 1970 tayangan lenong mulai di populer di tayangan televisi. Lenong merupakan seni  dan budaya betawi yang berisi drama teater yang pemain nya sekitar 10 orang, dan tentu dalam pertunjukan para pemerannya harus menggunakan dialog betawi dalam perannya. Lenong diiringi dengan musik seperti gambang kromong yang menambah meriah acaranya nya, selain musik biasanya dalam lenong sesekali muncul dialog pantun yang cukup lucu yang membuat penonton semakin antusisas.

Palang Pintu

Tradisi Betawi Palang pintu cukup dikenal masyarakat luas, tradisi ini juga kadang dipakai dalam acara pernikahan. Dikalangan betawi palang pintu artinya menghalangi seseorang yang akan masuk kedaerah nya. Tradisi ini menjadi gambaran pengantin pria di uji dan mendapat tantangan dari pihak mempelai wanita ketika akan mempersuntingnya. Dalam tradisi palang pintu terdapat atraksi silat beladiri dan juga pantun-pantun yang cukup menarik perhatian.

Tanjidor

Tanjidor merupakan alat musik khas betawi  yang merupakan peninggalan kuno Bangsa Belanda dan Portugis. Alat musik ini dimainkan sekitar 7-10 orang. Musik tanjidor banyak dipakai untuk mengiringi atau pengarak pengantin. Para pemain tanjidor bisa menggunakan seragam betawi, seperti peci dan sarung yang ditaruh dipundak.

Selain 5 Seni Budaya betawi yang sudah di jelaskan, suku betawi juga memiliki icon lain dari minuman tradisionalnya yaitu Bir Pletok. Walau nama minumannya Bir tapi tidak memabukkan ya gues, karena tidak mengandung alkohol. Bir Pletok justru terbuat dari rempah rempah Indonesia, seperti  kayu secang, kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala. Rasa Bir Pletok Pedas hangat, manis dan juga wangi karena mengandung rempah rempah di dalamnya. Penasaran ingin mencoba rasa Bir Pletok, berikut resep yang bisa Anda buat bersama keluarga.

Resep Minuman Traditional Khas Betawi Bir Pletok

Resep Minuman Traditional Khas Betawi Bir Pletok

Bahan:

  • 250 gram jahe
  • 3 gram cengkeh
  • 3 gram biji pala
  • 7 lembar daun padan
  • 3 gram lada
  • 3 gram sereh
  • 1 kg gula
  • 3 gram kapulaga
  • 30 gram kayu manis
  • 6 lembar daun jeruk
  • 6 liter air
  • kayu secang secukupnya untuk pewarna merah alami

Cara membuat bir pletok betawi:

  1. Geprek jahe, sereh, biji pala, lada, dan kapulaga. Digeprek sampai pecah atau hancur.
  2. Masukkan ke dalam panci yang sudah berisikan air kemudian panaskan menggunakan api sedang.
  3. Tuangkan sedikit demi sedikit gulanya sambil aduk sampai larut.
  4. Masukkan kayu secang sebagai pewarna agak merah kecolatan.
  5. Masak sampai air mendidih. Sajikan bir pletok dalam kondisi hangat.

Coba juga ; 5 Resep Makanan Tradisional Khas Betawi

Demikian ulasan kami untuk mengenal seni dan budaya Betawi yang cukup legendaris, dan resep minuman khas betawi yang cukup menyehatkan. Tentu kita perlu melestarikan seni dan budaya betawi ini. Dan alhamdulillah anak muda pada masa sekarang ini masih melaksanakan kegiatan kegiatannya untuk menjaga budaya betawi agar tetap terjaga sebagai kekayaan budaya Indonesia. Terima kasih, sampai bertemu di artikel selanjutnya abang abang dan empo-empo sekalian.

ocha

Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button