Perbedaan Whipped Cream Dan Heavy Cream Untuk cake

Diposting pada

Dapur ocha, perbedaan whipped cream dan heavy cream untuk cake - Pada saat membuat cake, penggunaan whipped cream tentunya tidak akan pernah tertinggal. Whipped cream biasa digunakan sebagai dekorasi pada cake, dengan lapisan tampilan, dan juga topping supaya kue terlihat cantik. Ketika cake disantap, mempunyai tekstur yang lembut, dengan kelembutan whipped cream, sehingga terasa makin enak lezat.

Selain whipped cream untuk mempercantik cake, heavy cream juga merupakan jenis cream dapat dipergunakan untuk membuat cake. Biasanya heavy cream dijual dipasaran berupa cair dalam kemasan UHT. Tekstur pada heavy cream mirip seperti santan kental, namun bila sudah dikocok, bentuknya jadi menyerupai whipped cream.

4 Perbedaan Whipped Cream Dan Heavy Cream

perbedaan whipped cream dan heavy cream dengan resep

Terdapat masing-masing perbedaan diantara kedua jenis cream tersebut, keduanya sama di produksi dairy product yang dibuat dari susu. Dibawah ini ada penjelasan, tentang perbedaan whipped cream dan heavy cream, yang bisa kita simak sebagai berikut.

Jangan Lewatkan: Tehnik Menyimpan Nasi Sushi Dengan Baik

Perbedaan Whipped Cream Dan Heavy Cream Dari Bentuk

Whipped cream yang dijual di pasaran terdapat tiga bentuk, antara lain berupa cair, bubuk, dan kalengan yang siap untuk pakai. Untuk whipped cream berbentuk bubuk, kita perlu kocok terlebih dahulu, bersama dengan air es agar dapat menghasilkan krim yang padat. Sementara bentuk whipped cream cair, biasanya dijual dengan kemasan UHT, serta dapat langsung kita kocok dengan menggunakan mixer tanpa perlu dicampur dengan bahan apapun.

Sementara pada heavy cream yang dijual di pasaran, umumnya ditemukan berupa bentuk cair dalam kemasan UHT. Hampir sama seperti whipped cream cair, heavy cream cair dapat langsun di kocok dengan menggunakan mixer tanpa campuran air. Apabila sudah dikocok kaku, heavy cream dan whipped cream tidak ada bedanya; sama mempunyai putih, dengan tekstur lembut, dan kaku. Akan tetapi whipped cream memiliki tekstur yang lebih lembut dan tebal, sementara hasil kocokan heavy cream lebih padat dan bentuknya lebih tahan lama.

Perbedaan Whipped Cream Dan Heavy Cream Dari Segi Lemak

Perbedaan yang sangat mendasar dari heavy cream dan whipped cream, terdapat pada kandungan lemak susu didalamnya. Heavy cream memiliki kandungan lemak susu sekitar 36% sampai 40%, sementara whipped cream mempunyai kandungan lemak susu 30% hingga 36%. Walau terdapat perberbedaan antara keduanya, kita dapat menggunakan untuk pembuatan saus pada makanan, karena mempunyai kandungan lemak berada di atas 25%, yang sangat bagus untuk pembuatan cake.

Perbedaan Whipped Cream Dan Heavy Cream Dalam Penggunaan

Jenis cream seperti whipped cream ataupun heavy cream, dapat dipergunakan untuk lapisan, topping cake, serta bahan dasar es krim homemade. Selain itu sangat cocok juga dijadikan olahan sebagai campuran cream sauce, carbonara sauce, serta alfredo sauce untuk olahan pasta.

Tekstur lembut yang terdapat pada whipped cream, karena sangat pas untuk menjadi berbagai topping minuman, seperti hot chocolate, dan ice blended drinks. Sementara tekstur yang lebih padat dan kaku pada heavy cream, biasanya dipergunakan sebagai vla isian kue soes.

Perbedaan Whipped Cream Dan Heavy Cream Tersedia Dipasaran

Di Market Indonesia sendiri, whipped cream dipergunakan untuk membuat kue dan masakan. Whipped cream dapat kita temukan dengan mudah di pasaran, mulai dari di supermarket, toko khusus bahan kue, minimarket, toko online, dan lain sebagainya. Kemasan whipped cream tersedia dengan berbagai bentuk, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, antara lain berupa cair, bubuk, serta kalengan yang siap untuk pakai.

Sementara itu heavy cream sedikit lebih sulit ditemukan di Market Indonesia, seperti supermarket. Akan tetapi jenis cream ini tersedia tersedia di toko bahan kue, dan supermarket makanan impor. Harga heavy cream jauh lebih mahal daripada krim jenis whipped cream.

Harga Heavy Cream Dan Whipped Cream

Terdapat beberapa varian harga krim jenis whipped cream, dan havey cream yang biasa di jual dipasaran. Harga whipped cream dijual sekitar Rp 20.000 - Rp. 50.000, sedangkan untuk harga heavy cream Rp 25.000 - Rp 70.000, tergantung dari pada kemasan yang tersedia, bagi Anda yang ingin membelinya.

Perbedaan whipped cream dan heavy cream terletak pada kandungan lemak, sementara dari segi tekstur, serta kegunaan keduanya hampir tidak ada bedanya. Sehingga kedua jenis cream tersebut, masih bisa kita pergunakan untuk bahan olahan cake.

Silahkan Simak: Tips Menyimpan Cabai Tetap Fresh Hingga 2 Bulan

Resep Heavy Cream

Heavy Cream

Heavy cream adalah krim yang mengandung lemak, dengan kadar lebih dari 36% sampai 40%. Di Negara Inggris sendiri jenis krim tersebut dinamakan dengan heavy cream atau double cream. Sementara di Negara Amerika dikenal sebagai thick cream, dan heavy cream berwarna putih bersih mempunyai tekstur yang lebih kental, daripada susu cair. heavy cream biasanya dipakai untuk campuran sup, minuman, saus, ganache, dan saus. Berikut bagi bunda yang ingin membuat heavy cream, untuk olahan cake.

Bahan Dan Alat

  • 200 ml susu cair murni
  • 1/3 cup butter (mentega)
  • Wajan teflon
  • Kompor
  • Mangkuk kaca
  • Alat mengaduk

Cara Membuat Heavy Cream

  • Pertama kita persiapkan alat yang dipergunakan, seperti wajan teflon, kompor, mangkuk kaca, dan alat pengaduk.
  • Selanjutnya sediakan bahan yang dibutuhkan terdiri dari susu cair murni dan juga butter (mentega).
  • Setelah itu butter (mentega) cairkan di atas kompor, dengan api sedang.
  • Kemudian masukkan susu ke dalam mangkuk.
  • Beikutnya silahkan tuangkan butter cair ke dalam mangkuk.
  • Aduk sampai bahan sampai tercampur rata.
  • Heavy cream buatan bunda siap untuk di kemas, selamat mencoba.

Resep Whipped Cream

Whipped Cream

Cara membuat whipped cream cukup mudah dan praktis, siapapun dapat dengan mudah mengolahnya, nah bagi bunda yang ingin mencobanya silahkan simak berikut ini.

Bahan Whipped Cream

  • 27 gram susu bubuk putih (Dancow)
  • 100 ml air matang
  • 5 sendok makan gula halus
  • 1 sachet kremer kental manis
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh sp

Cara Membuat Whipped Cream

  • Pertama silahkan campurkan susu dengan air, aduk sampai susu larut.
  • Kemudian masukkan gula, kremer, vanili dan sp.
  • Selanjutnya kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
  • Whipped cream rumahan siap diolah sebagai bahan lapisan pembuat cake, selamat mencoba.

Baca Juga: 14 Teknik Memasak Makanan Ala Chef

Demikian yang dapat dapur ocha sampaikan, tentang perbedaan whipped cream dan heavy cream untuk cake, semoga bermanfaat bagi bunda yang sedang mencarinya. Terima kasih sudah mengunjungi dapurocha.com, dan sampai jumpa kembali di informasi luliner lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, bisnis, wisata, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan