Gaya HidupKesehatanMakananNews

Pola Makan Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dapur Ocha, Pola Makan Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi. Pola makan yang sehat memang menentukan kondisi daya tahan tubuh kita. Makanan sehat tentu bisa mencukupi kebutuhan gizi yang cukup baik untuk metabolisme tubuh kita. Dengan mengkonsusmsi makanan sehat dan bergizi,  tentu zat yang masuk kedalam tubuh tentu bisa memperbaiki sel sel yang rusak, membangun sel baru dan tentunya memberikan energi untuk tubuh kita.

Pada masa pandemi seperti ini, terdapat banyak virus menular dan menyerang imunitas tubuh kita. Selain menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang terserang virus kita wajib memperhatikan pola hidup sehat, dan juga pola makan yang sehat. Agar daya tahan tubuh kita terjaga dan kita aman dari virus virus penyakit yang menyerang sekarang ini.

Buat Anda yang bingung pola makan sehat itu seperti apa sih?, dan apa saja makanan sehat itu. Tak perlu khawatir kali ini Dapur Ocha akan membahasnya. Menu sehat apa saja yang bunda bisa siapkan untuk keluarga, untuk menerapkan Pola Makan Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi.

Tips Pola Makan Sehat Sesuai Anjuran

Pola Makan Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh

1. Makan Variasi Makanan Segar Setiap Hari

Dikutip dari laman WHO, kita dianjurkan untuk makan, minimal 5 porsi buah-buahan dan juga sayuran (sekitar 400 gram), 160 gr produk biji-bijian dari tumbuhan (beans) serta 180 gr biji-bijian utuh per harinya. Sementara untuk daging merah cukup dikonsumsi sebanyak 160 gr setiap 1 – 2 kali seminggu dan daging ayam 2 – 3 kali saja per minggu.

Buah dan sayuran mengandung banyak serat dan vitamin, serta menandung zat aktif yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita. Semakin banyak kita mengkonsumsi buah dan sayuran yang berbeda, semakin banyak pula zat yang cukup beragam yang bisa di dapat untuk tubuh kita.

2. Kurangi Asupan Garam dan Gula

World Health Organization menyarankan memakai garam beryodium dan mengonsumsi garam kurang dari 5 gr, atau sekitar 1 sendok teh, setiap harinya. Kalau Bunda ingin mencoba makanan kalengan atau kemasan, cobalah produk yang tidak mengandung tambahan gula dan garam. Dan untuk penggunaan gula minimal mengkonsumsi sebanyak kurang dari 50 gr atau sekitar 4 sdm.
Maka dari itu batasi mengkonsusmsi makanan atau minuman tinggi lemak, gula, dan garam karena akan meningkatkan asupan kalori dalam tubuh Anda.

3. Minum Air Putih

Air mempunyai fungsi yang cukup penting untuk metabolisme tubuh kita. Air membantu mengedarkan nutrisi dan zat-zat penting dalam darah ke seluruh tubuh. Cairan juga mengatur suhu tubuh, membuang zat-zat sisa dalam tubuh, serta melumasi persendian tubuh kita.

Setiap orang memerlukan kebutuhan air yang berbeda-beda, tergantung dari usia, berat bada, jenis kelamin, tinggi badan, serta aktivitas yang mereka lakukan. Tentunya seseorang yang beraktivitas di luar ruangan akan membutuh kan cairan yang lebih banyak dibandingkan seseorang yang bekerja di dalam ruangan.

Minumlah air sekitar 8-10 gelas perhari, selain mengkonsumsi air putih Anda juga bisa meminum detox water, atau infus water sebagai variasi. Hindari mengkonsumsi kafein berlebih, karena bisa mengganggu kerja lambung Anda.

4. Jangan Konsumsi Lemak Serta Minyak Berlebihan

Kurangi makan gorengan, daging merah, dan produk susu yang tinggi lemak. Sebagai pengganti, Anda bisa mengkonsumsi ayam, ikan salmon, tuna.  Minyak nabati seperti zaitun, jagung, atau kedelai juga cukup bagus untuk menu makanan Anda.

lemak memang salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, tidak semua lemak itu sehat dan baik untuk tubuh kita. Ganti sumber lemak jenuh Anda dengan lemak tidak jenuh. Tujuannya adalah, untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung. Cobalah merebus atau mengukus makanan yang Bunda konsumsi, itu jauh lebih baik dari pada menggoreng. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans, kentang goreng, misalnya pizza, ayam goreng tepung, krim keju, kue, margarin, krim keju, dan selai.

Coba lah menu makan sehat berikut Resep Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis

Penutup

Demikian Pola Makan Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh, pastikan jaga kondisi kesehatan agar virus tidak menyerang pertahanan tubuh Anda. Selain mengikuti pola makan sehat Anda juga harus menerap kan 5 M, yaitu Yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, membatasi mobilitas dan interaksi dengan orang banyak hingga menjauhi kerumunan.

ocha

Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button