oleh

Rekomendasi Bekal Sekolah Praktis untuk Anak

Dapur Ocha, Rekomendasi Bekal Sekolah Praktis untuk Anak. Beberapa orangtua yang memilih memberikan uang jajan kepada anak-anaknya untuk jajan makanan selama di sekolah. Tentunya dari sisi keuangan,bisa membuat anak menjadi konsumtif dan boros. Padahal, ada solusi yang  Bunda bisa lakukan menjadikan anaknya tidak suka jajan makanan di luar, yakni dengan membawakan bekal sekolah untuk anaknya. Selain mengajarkan anak agar tidak berperilaku konsumtif, bekal makanan untuk anak ke sekolah dapat menghindarkan anak jajan sembarangan.

Beberapa pedagang di sekolah terkadang menjual makanan yang tidak higienis, tentu ini cukup berbahaya untuk kesehatan anak kita. Maka dari itu Dapur Ocha akan memberikan rekomendasi bekal sekolah yang praktis dan sehat untuk anak kita. Bekal sekolah yang sehat biasanya berisi makanan yang mengandung banyak karbohidrat yang berguna untuk memberikan tenaga bagi tubuh.

Menyiapkan bekal untuk anak-anak terkadang membutuhkan trik agar anak mau menghabiskan nya daripada jajan sembarangan. Anak terkadang tidak  menghabiskan bekalnya, bisa jadi karena bosan. Nah, Yuk bunda kita siapkan bekal yang sehat, enak, dan praktis untuk makan siang anak kita  di sekolah?. Sebelum membuat nya, simak ulasan berikut, apa sih! manfaat membawa bekal sekolah dari rumah.

Bagi anak, manfaat membawa bekal sekolah dari rumah, antara lain:

   1. Bunda dapat menyediakan nutrisi lengkap yang dibutuhkan anak

Nutrisi sangat penting bukan untuk tumbuh kembang anak, memperoleh makan siang yang sehat dan bergizi untuk anak tentu dapat memenuhi sepertiga kebutuhan kalori si kecil.

    2. Mengontrol asupan makanan anak setiap hari

Membawakan bekal sekolah yang sehat dengan kandungan serat, seperti sayuran dan buah buahan tentu membuat si kecil lebih kenyang dan menghindari anak untuk jajan sembarangan.

    3.Meningkatkan energi dan performa anak di sekolah

Setiap anak membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas disekolah, terutama untuk belajar. Jika makan siangnya tidak bergizi, tentu anak akan kesulitan berkonsentrasi. Bekal sekolah yang kita bawakan untuk anak tentu dapat  meningkatkan energi dan performa anak di sekolah

Berikut Rekomendasi Bekal Sekolah Praktis untuk Anak

     1. Macaroni schotel panggang

Selain enak dan praktis untuk bekal sekolah, macaroni schotel ini juga bisa disantap bersama keluarga loh.

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Macaroni Pasta 225 gram.
  • Susu full cream putih 200 ml.
  • Daging sapi Kornet 100 gram.
  • Kacang polong dan wortel dipotong dadu.
  • 2 butir telur.
  • Garam, merica, bubuk oregano secukupnya.
  • Topping: keju mozarella

Cara memasak:

Pertama rendam makaroni hingga mekar kemudian langsung rebus hingga matang. Pecahkan telur dan kocok, campur dengan susu kemudian masukkan daging sapi kornet.  Tambahkan garam, merica secukupnya.

Setelah susu, telur dan dagingnya diaduk secara merata, masukkan macaroni lalu aduk lagi, tamburi keju mozarela diatasnya dan taburi bubuk oregano kemudian masukkan ke dalam oven dengan api sedang. Bila warnanya sudah menguning, angkat kemudian dinginkan. Nah, macaroni schotel untuk anak pun siap disantap dan dibawa ke sekolah.

     2. Fish katsu

Makanan Jepang satu ini tentu bisa menjadi favorit si buah hati. Rasa nya yang enak tentu bisa menjadi salah satu bekal sekolah yang bisa bunda siapkan.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 kg ikan fillet (jumlah disesuaikan)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1/4 kg tepung panir.
  • Air secukupnya
  • 1 sendok teh butter
  • 1/2 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • 1 sendok teh garam

Cara memasak:

  • Pertama cuci bersih ikan, lumuri dengan perasan air jeruk nipis, sisihkan selama 5 hingga 10menit. Setelah itu lap ikan dengan tisu  dan lumuri dengan bumbu garam, merica bawang putih.
  • Dalam wadah lain, kocok telur, masukkan butter,  tepung terigu, dan sedikit air (jangan terlalu encer). Balut ikan yang sudah dibumbui dengan adonan terigu sampai merata, masukkan ikan ke dalam tepung panir sambil ditekan-tekan supaya menempel sempurna.
  • Simpan Fish katsu  di dalam kulkas semalaman. Fish katsu digoreng kapan saja dengan minyak panas, api sedang cenderung kecil supaya matang merata. Begitu ikan matang, Mama bisa menata kotak bekal makan anak, bisa ditambahkan kentang goreng atau nasi dan sayuran lain. Selamat mencoba.

        3. Bola-bola Nasi Bayam

Nasi sebagai makanan pokok, tentu wajib menjadi bekal sekolah. Namun, anak terkadang bosan, untuk membuatnya menjadi lebih menarik bunda bisa membentuknya menjadi bola-bola kecil. Selain itu, tambahan sayuran bayam di dalamnya. Tampilan bola-bola kecil berwarna hijau pasti sangat menarik bagi buah hati Anda. Tak hanya itu, anak juga bisa menghabiskannya sekali makan karena bentuknya mungil dan mudah digenggam.

Untuk membuatnya cukup mudah ko bunda. Pertama-tama, kamu harus tumis bawang putih, bayam, saus tiram, merica, garam. Setelah matang, blender semuanya sebentar saja agar tetap bertekstur. Kemudian, Bunda masak sebentar bayam blender tadi dengan nasi tambahkan sedikit mentega sambil diaduk rata. Setelah matang, bentuk bola-bola kecil dan padatkan. Horee! Bola-Bola Nasi Bayam siap dibawa ke sekolah!

         4.Smoked Beef Sandwich

Hari berikutnya, Smoked Beef Sandwich bisa jadi pilihan sebagai bekal sekolah yang cukup sehat dan praktis. Namun, agar si Kecil tetap mendapatkan protein, Bunda bisa menambahkan lembaran daging asap yang  dijual di swalayan. Selain itu, untuk isi roti bisa juga ditambahkan keju lembaran, telur atau sayuran. Selain cukup mudah dalam pembuatannya, bekal sandwich seperti ini praktis dalam mengonsumsinya. Bekal roti isi juga cocok untuk anak yang simpel dan tidak begitu suka banyak makanan di wadah bekalnya.

Cara membuatnya juga tidak sulit. Pertama oles roti tawar dengan saus tomat. Kemudian, susunlah dengan urutan seperti ini; roti, lembaran smoked beef, selembar keju, telur ceplok, smoked beef lagi, keju, smoked beef, dan tutup dengan roti kembali. Lalu, potong menjadi dua bagian sehingga membentuk segitiga. Setelah itu, bisa langsung disimpan di kotak bekal atau dipanggang sebentar dahulu. Tara! Smoked Beef Sandwich siap menemani makan siang si buah hati!

Penutup

Demikian 4 Rekomendasi Bekal Sekolah Praktis untuk Anak Bunda, cukup mudah bukan dalam membuatnya. Selain resep diatas Bunda juga bisa mencoba 16 Resep Makanan Sehat dan Bergizi untuk Anak. Dengan menyiapkan bekal sekolah yang sehat dan praktis, Bunda tidak perlu khawatir lagi bukan! untuk asupan buah hati nya disekolah. Terima kasih sudah berkunjung ke Dapur Ocha, semoga artikel ini bermanfaat.