Resep Ati Ampela Praktis Untuk Sahur

Diposting pada

Resep ati ampela praktis untuk sahur - Menyambut bulan Ramadhan, dapur ocha akan membagikan resep sahur untuk Anda yaitu ati ampela praktis, dimana resep ati ampela memang cukup mudah untuk dibuatnya. Dimana resep ati ampela ini merupakan makanan sehat, apalagi dalam proses pembuatannya sangat mudah, bunda bisa mencobanya di rumah nanti.

Ati ampela selain sebagai makanan sehat, bisa kita kembangkan menjadi lahan penghasilan, dengan cara membuat bisnis kuliner dengan tambahan resep ati ampela di dalamnya. Kebetulan masyarakat indonesia sendiri sangat menyukai makanan yang satu ini, ati ampela juga bisa menambah stamina untuk tubuh, maka dari itu bisa kita santap ketika sahur tiba pada bulan suci ramadhan.

Resep Ati Ampela

Resep Ati Ampela Praktis Untuk Sahur

Resep ati ampela sangat cocok dijadikan menu sahur pada bulan puasa, selain sehat pembuatannya pun cukup mudah dan praktis, bunda bisa membuatnya dirumah, dan sangat menghemat waktu, silahkan kita lihat dibawah ini cara memasak ati ampela untuk santap sahur.

Bahan Ati Ampela:

5 pasang ati ampela
3 siung bawang putih
Lada bubuk
Garam
Bumbu penyedap
3 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus tomat
3 sendok makan saus pedas
1 ruas jari jahe
1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Ati Ampela:

1. Pertama goreng terlebih dahulu ati ampela setengah matang.
2. Kemudian bawang putih dan jahe di cincang, lalu tumis dengan 2 sendok makan minyak sampai harum dengan menggunakan api kecil.
3. Selanjutnya masukkan kecap, saus, ati ampela, aduk sampai rata.
4. Tambahkan garam, bumbu penyedap, lada bubuk, serta gula.
5. Berikan juga 1/2 gelas air, kemudian masak sampai matang.
6. Setelah airnya menyusut lalu angkat, dan sajikan ati ampela sebagai hidangan menu sahur di bulan puasa bersama keluarga, selamat mencoba.

Baca juga: 11 Resep Menu Buka Puasa Populer dan Praktis

Manfaat Ati Ampela Untuk Kesehatan

Ati Ampela

Jenis makanan yang berasal dari jeroan mempunyai kandungan senyawa purin yang tinggi, jeroan artinya sebutan lain bagi organ internal dari hewan potong yang dapat dimakan oleh manusia. Seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi. Organ internal hewan yang dimaksud ini bisa berupa otak, hati, kelenjar timus, ampela, pankreas, serta ginjal.

Banyak sekali bagian jeroan dari ayam yang bisa Anda makan, salah satu di antaranya adalah bagian ampela. Bagian ini biasanya satu paket dengan bagian hati dan jantung. Dalam usaha kuliner kebanyakan orang atau penjual juga menjajakan ati ampela dalam satu paket. Berikut adalah manfaat yang terkandung dalam ati ampela, ketika dikonsumsi oleh tubuh.

Ati ampela rendah lemak dan rendah sodium

Ampela ayam mempunyai banyak kandungan nutrisi, rasanya pun sangat lezat, tidak hanya mengandung kolesterol. Ati ampela ayam mempunyai kandungan gizi yang rendah lemak, dan juga rendah sodium, dalam setiap 4 ons ampela ayam mengandung 2,34 gram lemak, 78 miligram sodium, serta 107 kalori, yang sangat baik untuk tubuh.

Ati ampela menandung zat besi

Ati ampela ayam banyak mengandung zat besi, dalam 4 ons ampela ayam terdapat 3 mg zat besi. Institute Of Medicine sanat menyarankan mengkonsumsi antara 8 mg dan 18 mg zat besi/hari, yang terdapat dalam ampela ayam, untuk pria dan wanita dewasa. Zat besi sangat diperlukan untuk tubuh manusia, karena akan menghasilkan sel darah serta hemoglobin dan mioglobin, 2 protein yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ampela mengandung niacin (Vitamin B3)

Niacin atau vitamin B3 akan membantu menjaga kesehatan rambut, kulit, hati dan mata sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh manusia. Dalam setiap 4 ons ati ampela ayam, terkandun 4 mg niacin, jumlah tersebut hampir memenuhi 23% dan 30% kecukupan gizi untuk pria dan wanita dewasa.

Ampela juga mengandung Riboflavin (Vitamin B2)

Riboflavin atau vitamin B2 berfungsi sebagai antioksidan alami, yang dapat melindungi tubuh, dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam setiap 4 ons ampela terkandung sebanyak 0,262 mg riboflavin. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi ati ampela yang mengandung asupan riboflavin, karena akan meningkatkan kekebalan bai tubuh.

Efek samping terlalu banyak konsumsi ati ampela

Walaupun banyak mengandung nilai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, kita pun tetap harus waspada jangan berlebihan untuk mengkonsumsi jeroan, usahakan Anda konsumsi jeroan denan porsi mini setiap bulan. Ampela ayam juga mengandung 272 mg kolesterol, American Heart Association menganjurkan untuk mengkonsumsi 300 miligram/hari. Bagi orang dewasa dengan riwayat penyakit jantung, asupan yang disarankan adalah 200mg/hari.

Demikian yang dapat dapur ocha bagikan tentang resep ati ampela praktis untuk sahur, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan menjadikan ibadah puasa kita mendapat pahala yang berlimpah. Sekian dan terima kasih dengan info kuliner kali ini yang menyajikan resep menu sahur untuk bulan puasa, sampai jumpa di resep berikutnya.

Baca Juga: Menu Santap Sahur Bersama Tom Yum Seafood

(Visited 6 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share Halaman Dapur Ocha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *