4 Resep Cemilan Khas Betawi Yang Enak Di Jakarta

Diposting pada

Dapur Ocha, resep cemilan khas betawi yang enak di jakarta - Budaya betawi termasuk salah satu budaya yang unik, dan menjadi kebanggaan masyarakat DKI Jakarta. Bicara soal betawi pasti pengen juga mencicipi kuliner khas betawi, dengan berbagai macam makanan khas jakarta. Cemilan khas betawi yang sering dicicipi oleh masyarakat jakarta, ialah biji ketapang, geplak betawi, dodol betawi, akar kelapa serta kembang goyang. Dimana kelima resep ini akan kita bahas cara pembuatannya, tetapi masih banyak lagi cemilan khas jakarta lainnya.
4 Resep Cemilan Khas Betawi Yang Enak Di Jakarta

Para pecinta kuliner pasti penasaran bagaimana cara membuat kuliner khas betawi, dapur ocha akan membagikan beberapa resep cemilan khas betawi yang enak serta lezat. Cemilan ini bisa dijadikan ladang usaha bisnis makanan juga, selain itu proses pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana, terbuat dari bahan yang mudah di cari. Silahkan simak di bawah ini, aneka cemilan khas betawi yang akan kita bahas.

Resep Biji Ketapang

Resep Kue Biji Ketapang

Masyarakat Jakarta biasanya dalam mengisi luang mempunyai kebiasaan yang unik, apalagi pada saat menjelang hari raya lebaran tiba. Sibuk membuat aneka cemilan khas betawi, untuk dimakan sendiri maupun dijual. Biji ketapang sangat cocok disajikan ketika ada tamu, cemilan khas betawi ini pun bisa ditemukan di daerah-daerah lain dengan penggunaan bahan yang beragam. Khusus di daerah ibu kota Jakarta sendiri, biji ketapang biasanya dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kelapa muda.

Kue biji ketapang mempunyai tekstur yang renyah, tergantung seberapa baik dalam pembuatnya. Penasaran untuk mencoba biji ketapang, berikut cara membuat kue biji ketapang yang mungkin bunda ingin coba dirumah sendiri. Para pelaku bisnis makanan biasanya memasarkan biji ketapang dengan berbagai macam harga, mulai dari Rp 18.000 - Rp 50.000 per toples. Nah bagi bunda yang ingin mencoba berbisnis kue lebaran, tentu kue biji ketapang ini lumayan laris dipasaran. Bisa dijadikan usaha rumahan maupun usaha makanan yang musiman.

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 4 sendok makan santan instan
  • 4 sendok makan gula
  • 100 gram margarin
  • 1/2 sendok teh vanili
  • Garam sejumput

Cara Membuat Biji Ketapang:

1. Campurkan semua bahan kecuali tepung terigu, aduk sampai rata.
2. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai kalis.
3. Bentuk adonan biji ketapang memanjang, kemudian potong kecil-kecil.
4. Goreng dengan api sedang sembari diaduk agar tidak gosong.
5. Biji ketapang siap di sajikan untuk keluarga anda, mudah pembuatannya selamat mencoba.

Resep Geplak Betawi

Resep Kue Geplak Betawi

Geplak betawi merupakan makanan khas Betawi dengan tekstur lembut, seperti tape. Geplak betawi memiliki rasa manis, cemilan khas betawi ini sekarang sudah langka, kue geplak betawi biasanya hadir pada saat pesta pernikahan di mana kue ini akan dijadikan kue pengantar pengantin, yang merupakan adat dan budaya betawi.

Dinamakan kue geplak betawi karena dibuat dengan cara diaduk pakai tangan dan setengah dipukul-pukul, maka dari itu nama kue ini di beri nama geplak betawi. Kue ini bisa tahan hingga satu minggu. Harga kue geplak betawi biasanya di bandrok sekitar Rp 50.000 - Rp 100.000, bagi Anda yang ingin membuka usaha cemilan khas betawi sangat cocok untuk mencoba menjual kue ini.

Bahan:

  • 1 liter beras
  • 1/2 butir kelapa
  • 1/2 kg gula pasir
  • 1/2 liter air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Geplak Betawi:

1. Pertama tepung beras disangrai terlebih dahulu sampai mengering dan sedikit menguning, lalu sisihkan.
2. Kemudian air dipanaskan dan masukkan gula, garam, serta daun pandan.
3. Diamkan sampai larutan gula sedikit mengental.
4. Kemudian kila segera campurkan tepung beras sangrai, bersama kelapa sangrai, aduk sampai rata sembari menunggu air larutan gula tadi mendidih.
5. Setelah itu siram tepung serta kelapa dengan larutan gula panas, lalu aduk rata.
6. Sediakan wadah sambil dipukul selagi panas, setelah itu potong kue dan berikan taburan sisa tepung sangrai agar kue geplak terlihat cantik.
7. Kue geplak betawi siap dihidangkan, bersama secangkir teh hangat, selamat mencoba.

Baca Juga: 46 Tempat Wisata Jakarta Menarik Dan Resep Makanan

Resep Kue Akar Kelapa

Resep Kue Akar Kelapa

Betawi tidak hanya dikenal dengan kue biji ketapang, namun ada juga kue kering khas Betawi yang enak yaitu kue akar kelapa. Akar kelapa merupakan cemilan khas betawi, makanan ringan yang satu ini biasanya disajikan bersama kue lain. Seperti rengginang serta kacang goreng, selain berada di Jakarta, kue akar kelapa juga banyak diproduksi oleh perusahaan lain, dan bisa kita temukan juga dijual di daerah bekasi produsen terbesar akar kelapa.

Kue akar kelapa semakin langka dengan perkembangan zaman saat ini, mempunyai rasa manis bercampur gurih. Warga betawi biasanya mencicipi kue akar kelapa, sebagai cemilan khas untuk teman minum teh ataupun kopi hangat. Harga kue akar kelapa sendiri biasanya sekitar Rp 10.000 - Rp 30.000, tergantung berat isi dan banyaknya kue tersebut.

Bahan:

  • 250 gram tepung ketan
  • 1/4 kg telur (4 butir)
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kue Akar Kelapa:

1. Pertama kocok 3 butir telur bersama penyedap rasa.
2. Selanjutnya masukkan telur ke dalam tepung, dan aduk rata. Bila adoann belum bisa dibentuk masukkan 1 butir telur yang telah dikocok lepas sedikit demi sedikit, sampai adonaan menjadi sebuah gumpalan.
3. Minyak goreng dipanaskan, cetak adonan menggunakan cetakan akar kelapa langsung diatas minyak panas.
4. Goreng sampai kuning kecoklatan.
5. Kue akar kelapa di angkan dan tiriskan, dan sajikan dengan teh hangat bersama keluarga.

Resep Kue Kembang Goyang

Resep Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang merupakan cemilan khas betawi, ketika dicicipi rasanya sangat renyah dan lezat. Kue ini berbentuk seperti bunga kembang dan dibuat dengan cara digoyang di atas minyak panas, sampai adonan kue terlepas dari cetakan maka diberi nama kembang goyang. Kue kembang goyang merupakan makanan tradisional khas betawi, serta paling diminati oleh masyarakat dari berbagai kota.

Harga kue kembang goyang cukup murah, yaitu Rp 10.000 - 30.000, tergantung isi dalam kemasannya. Bila bunda tertarik untuk mencoba usaha rumaha, dengan menjual kue kembang goyang tentunya akan berpeluang besar untuk meraih tambahan penghasilan. Berikut cara membuat kembang goyang, diman cemilan ini merupakan makanan khas betawi yang renyah dan gurih.

Bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 2 butir telur
  • 350 ml santan
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • Minyak wijen
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kue Kembang Goyang:

1. Siapkan wadah dan camurkan tepung beras, gula pasir, garam, vanili bubuk, kemudaian aduk sampai rata.
2. Campurkan santan, telur kocok, tuangkan secara perlahan ke dalam tepung. Kemudian aduk merata, lalu saring agar tidak ada yang bergerindil.
3. Tambahkan minyak wijen secukupnya kedalam adonan.
4. Panaskan minyak goreng, rendam cetakan kue kembang goyang kedalam minyak panas, kemudian celupkan ke dalam adonan. Saat menggoreng jangan sampai menutupi cetakan kue kembang goyang, agar adonan tidak lengket serta mudah lepas.
5. Goyangkan cetakan hingga adonan kembang goyang terlepas.
6. Goreng kembang goyang sebentar dengan api sedang angkat serta tiriskan.
7. Kue kembang goyag khas betawi siap di hidangkan bersama keluarga, selamat mencoba.

Demikian yang dapat dapur ocha sampaikan, tentang 4 resep cemilan khas betawi yang enak di jakarta, semoga bunda dapat membuatnya di rumah. Selamat mencoba jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada rekan-rekan, dengan cara menekan tombol share yang telah tersedia untuk ke media sosial teman-teman, sekian dan terima kasih atas kunjungannya sampai jumpa kembali di menu kuliner lainnya.

Baca Juga: Resep Cemilan Korea Yang Menggugah Selera

(Visited 6 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share Halaman Dapur Ocha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *