oleh

Resep Roti Sobek dan Roti Sosis untuk Pemula

Dapur Ocha, Resep Roti Sobek untuk Pemula. Saat masa pendemi seperti ini terkadang bingung mau melakukan apa, yuk coba membuat roti sobek . Membuat roti akan menghadirkan keseruan tentunya. Apalagi bila roti yang bunda buat berhasil dan bertekstur lembut serta empuk, wah pastinya ada kepuasan tersendiri . Dan keluarga pasti menyukainya.

Buat bunda yang sedang belajar baking membuat roti, tidak perlu merasa kesulitan dalam belajar. Kali ini Dapur Ocha akan mengulas resep roti sobek untuk pemula. Resepnya cukup simpel dan bahan bahan yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Jadi buat bunda yang tidak punya mixer, Tidak perlu khawatir dalam menguleninya. Resep simpel rasanya enak dan lembut. Bikin 2 resep sebagian buat roti sosis sebagian buat roti sobek, abis ini bisa Bunda simpan dalam plastik seperti di toko roti, untuk stock anak-anak.

Tips Menyimpan roti sobek dan roti sosis agar tahan lama

Lalu, bagaimana caranya agar roti sobek dan roti sosis lembut dan tahan lama tanpa bantuan obat pelembut?
Jawabannya hanya satu, Bunda harus menyimpannya dengan benar.

Berikut penjelasan singkatnya.

1. Bungkus roti menggunakan plastik
Ketika roti sudah mulai mendingin, segera bungkus dalam plastik. Tiap plastik berisi satu buah roti ya bun. Plastik akan menghambat cairan dalam roti menguap. Jadinya, kelembutan roti bisa bertahan cukup lama, maximal 1 hari.

2. Masukkan roti ke dalam freezer
Mau lebih tahan lebih lama lagi?
Segera masukkan roti ke dalam freezer. Roti yang beku bisa bertahan kelembutannya sampai seminggu, lo. Begitu roti akan disajikan, keluarkan di suhu ruang sekitarsetengah jam, lalu roti akan kembali lembut. Cara ini harus dilalukan saat roti masih lembut, ya. Jangan membungkus roti sisa berhari-hari baru dimasukkan ke dalam freezer. Sudah terlambat, roti tidak akan bisa lembut lagi. Hal yang sama juga berlaku untuk roti tawar. Kadang, kita punya sisa roti tawar di rumah. Selera saja masukkan ke dalam freezer. Dengan demikian, tanggal kadaluwarsa yang terdapat pada roti tawar jadi tidak berlaku lagi.

3. Kukus roti Opsi terakhir adalah mengukus roti. Mengukus roti adalah memanaskan dengan cairan sehingga roti yang dikukus sudah pasti jadi lebih lembut. Hanya saja tekstur roti sedikit berubah, jadi lebih berair. Ingat, hindari mengoven roti kembali, ya. Soalnya roti malah akan jadi makin kering. Nah, itulah trik supaya roti lembut tahan lama. Supaya kelembutannya bertahan lama, terapkan saja tips di atas. Selamat mencoba.

Resep Roti Sobek

BAHAN BAHAN

  • Terigu Protein Tinggi 250 gram
  • Ragi instan 4 gram
  • Gula pasir 50 gram selera
  • Telur 1 butir
  • Susu cair dingin ± 100-110 ml
  • Susu bubuk 1 sdm
  • Butter/margarin 2 sdm
  • Sedikit garam

Cara membuat

  1. Masukkkan Terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk mix rata, masukkan telur dan
  2. Susu cairny mixer hingga adonan setengah kalis, masukkan butter/margarin dan garam . Uleni hingga kalis
  3. Setelah kalis istrahatkan kurang lebih selama 15-20 menit.
  4. Kempiskan adonan, bagi adonan 50gr saya pakai loyang 15×15 cm tinggi 7cm jadi 10 bulatan
  5. Bulatkan semua boleh isi dengan isian selai coklat selera ya.
  6. Masukkan kedalam loyang diamkan hingga mengembang tinggi 2 kali lipat.
  7. Oleskan dengan susu cair tipis tipis.
  8. Saya pakai Oven Tangkring dengan api besar sekitar 180 derajat selama 15-20 menitan
  9.  Setelah matang olesi dengan butter

Baca Juga ;Resep Butter Cream paling Simpel dan Lembut

Roti Sosis

Untuk roti sosis nya tinggal bentuk adonan sesuai selera ya bunda. Bentuk nya bisa bunda sesuaikan dengan berbagai macam bentuk, berikut refrensinya bentuknya ;

Penutup

Demikian Resep Roti Sobek dan Roti Sosis untuk Pemula, semoga baking Anda menyenangkan dirumah. Tentunya mendapatkan hasil roti yang lembut dan enak. Terima kasih sudah menjadi pembaca Dapur Ocha.