oleh

Resep Salad Buah Enak dan Tips Agar Tahan Lama

Dapur Ocha, Resep Salad Buah Enak dan Tips Agar Tahan Lama. Salad buah merupakan makanan lezat dan bergizi karena komposisinya dari berbagai buah-buahan yang memiliki gizi tinggi. Camilan sehat ini tentu bagus dikonsumsi oleh semua orang. Mengkonsusmsi salad buah memberikan dampak yang cukup baik untuk pencernaan, karena dalam buah buahan terdapat kandungan serat dan vitamin yang cukup baik untuk pencernaan. Apalagi cara membuat salad buah dan sausnya  cukup mudah. Kali ini Dapur Ocha akan  Membuat Salad Buah  yang Segar, Enak, dan Mudah tentunya.

Saat ini sedang tren menerapkan gaya hidup sehat, salad buah menjadi salah satu menu favorit banyak orang. Salad buah juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Salad buah sudah banyak dijual di online food dan restoran. Kamu tentunya bisa menjadikan salad buah sebagai menu untuk jualan. Sebelum kita membuat Resep Salad Buah Enak dan Tips Agar Tahan Lama, kita akan membuat saus salad buah.

Cara membuat saus salad buah mayonaise yang segar

Perpaduan buah dan saus yang pas akan menciptakan salad buah yang enak. Komposisi Resep salad dan sausnya harus seimbang. Jangan terlalu manis ataupun Asam.

 

Bahan Bahan Saus:

  • Mayonaise 100 gr
  • Yogurt 200 ml
  • Susu kental manis/sesuai selera 200 gr
  • Keju parut
  • Bisa ditambahkan madu jika suka

Cara membuat saus salad buah mayonaise:

Campurkan bahan yaitu mayonaise, yogurt, dan susu. Kemudian Aduk rata dan sisihkan.
Setelah saus salad buah siap, kita akan menyiapkan buah buahannya.

Bahan- bahan:

  • Apel, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Melon (jangan yang terlalu matang), kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Semangka, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Mangga, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Anggur, belah jadi dua dan buang bijinya
  • Strawberi, belah jadi empat
  • Nata De Coco
  • Nutrijel (jelly)
  • Air lemon 1-2 sendok
  • Jeruk dan kiwi sebagai hiasan diatas keju parut

Cara membuat salad buah:

Setelah semua buah sudah dipotong-potong, campurkan perasan air lemon, masukkan buah ke kulkas agar menjadi lebih dingin dan segar. Setelah itu campurkan buah-buahan dalam satu wadah. Untuk buah nya, Anda bisa memilih buat yang Anda suka.

Jika ingin dijual, sajikan buah pada wadah tambahkan nata de coco dan nutrijel lalu siram dengan saus mayones. Jangan lupa taburi dengan keju parut, taruh tambahan  kiwi, jeruk, dan strawbery sebagai pemanis di atas keju. Salad buah ini akan lebih segar jika disajikan dalam keadaan dingin. Untuk menjaga kesegarannya kamu bisa menyimpannya di kulkas sampai pembeli datang.

Tips Salad Buah Agar Tahan Lama

Salad buah tentu terasa lebih sedap jika disantap dalam keadaan segar dan dingin. Untuk membuat resep salad buah yang cukup tahan lama, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yang menjadikan salad buah Anda tetap segar dan tahan lama. Karena saat memakan salad buah, biasanya tidak langsung habis dan disimpan kembali didalam kulkas untuk dimakan kembali. Akan tetapi jika tidak langsung pada saat proses pembuatan salad buah tidak benar, buah akan berubah warna menjadi kecokelatan, dan akan mengurangi cita rasa salad itu sendiri. Akan tetapi sekarang tidak perlu khawatir lagi karena bisa melakukan tips-tips di bawah ini agar salad buah bisa tahan lama.

1. Rendam buah yang sudah dipotong dalam air dingin

Tujuannya, untuk oksidasi buah berjalan dengan lambat. Pasalnya, beberapa buah seperti apel dan pir memang rentan berubah warna menjadi coklat jika hanya disimpan begitu saja. Nah,  rendamlah potongan buah dalam baskom berisi air dingin, kemudian tiriskan.

2. Balurkan sedikit air perasan lemon

Kandungan asam yang terdapat dalam lemon berfungsi memperlambat proses oksidasi buah. Campurkan air perasan dari lemon tersebut pada buah secukupnya sambil diaduk rata, kemudian simpanlah dalam kulkas. Nah, Anda boleh membilasnya dengan air matang jika tak terlalu suka dengan citarasa asam dari lemon.

3. Simpan dalam Ziplock atau Cling Wrap

Setelah buah dipotong-potong, simpanlah dalam plastik Cling Wrap atau Ziplock yang kedap udara. Pasalnya, kontak dengan udara merupakan penyebab utama buah cepat beroksidasi.

4. Hindari pengaruh suhu ruangan

Simpanlah salad buah tersebut dalam kulkas. Sebab temperatur ruangan memang mempengaruhi kesegaran buah. Alhasil, buahpun menjadi tidak segar. Bahkan, bakteri juga cenderung lebih cepat berkembangbiak dalam buah.

5. Pisahkan potongan buah dan Sausnya

Terutama saus yang mengandung banyak gula, guys. Karena, hal ini berpotensi membuat salad buahmu menjadi berair, bahkan layu dan tidak segar. Nah, simpanlah dressing secara terpisah, ya. Campurkan saja sesaat jika akan disajikan.

 

Untuk penggunaan buahnya ada beberapa Tips yang Anda harus perhatikan.

  1. Buah yang dipakai harus segar jangan layu. JIka kelihatan agak keras dagingnya bisa ditaburi dengan sedikit gula pasir supaya lebih empuk.
  2. Cara membuat salad buah yang lezat selain tergantung pada buahnya juga sangat bergantung kepada merk mayonise. Gunakan merek mayonise dan yoghurt yang berkualitas bagus.
  3. Agar aroma dan rasanya lebih segar sebaiknya salad buah yang kamu buat diberi air perasan jeruk.
  4. Potongan buah yang tidak terlalu besar.
  5. Buah yang digunakan sebaiknya berbeda tesktur dan citarasanya supaya lebih lezat. Misal mangga atau strawbery yang cita rasanya cukup segar.
  6. Buah salad yang sudah dipakai bisa disimpan untuk keesokan harinya dengan catatan masuk ke lemari es dan belum dicampur dengan saus mayonise atau yoghurt.
  7. Segera sajikan resep salad buah begitu disirami dengan saus mayonise atau yoghurt supaya tidak terlalu banyak mengeluarkan air.
Penutup

Demikian resep salad buah yang bisa Anda coba dirumah, cukup mudah dan simple bukan!. Selain itu Anda juga bisa menjadikan peluang usaha berikut 4 Resep Salad Buah Menjadi Peluang Usaha . Terima kasih suadah berkunjung ke Dapur Ocha, semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini untuk teman-teman Anda.