Resep Self Rising Flour Untuk Adonan Kue

Diposting pada

Dapur ocha, resep self rising flour untuk adonan kue - Apa itu Self Rising Flour?, Self Rising Flour merupakan tepung yang sudah mempunyai bahan pengembang di dalamnya. Bila kita membeli tepung terigu, baik itu tepung terigu serba guna, maupun tepung terigu protein tinggi untuk membuat roti, tidak ada yang sudah mempunyai bahan pengembang di dalamnya.

Dengan demikian kita harus mempergunakan resep Self Rising Flour, dan tidak perlu lagi menambahkan bahan pengembang ke dalam adonan. Hal ini menjadi solusi yang tepat untuk kita sendiri, yang ingin membuat cake atau kue yang membutuhkan bahan pengembang, seperti baking powder atau baking soda.

Resep Self Rising Flour Untuk Resep Kue Andalan

Resep Self Rising Flour Untuk Adonan Kue

Didalam membuat resep kue andalan, tentunya membutuhkan tepung terigu self rising flour, sementara di rumah kita hanya ada tepung terigu serbaguna saja. Tepung self rising adalah tepung yang sudah ditambahkan dengan bahan pengembang dan garam; resepnya pun dapat dengan mudah Anda praktekkan menggunakan bahan sederhana yang tersedia di dapur. Berikut di bawah ini bunda bisa coba bagaimana cara membuat Self Rising Flour, untuk ditambahkan ke dalam adonan.

Jangan Lewatkan: Resep Kue Bolu Mini Lembut Enak

Resep Self Rising Flour

Resep Self Rising Flour

Dalam pembuatan self rising flour, terbilang cukup mudah dan praktis, bunda bisa mencobanya di rumah untuk dijadikan bahan pelengkap adonan kue.

Bahan Self Rising Flour

  • 150 gram tepung terigu serbaguna
  • 1½ sendok teh baking powder
  • ¼ - ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh soda kue

Cara Membuat Self Rising Flour

  • Silahkan persiapkan terlebih dahulu 150 gram tepung terigu serbaguna, kemudian ayak tepung terigu tersebut ke dalam mangkuk besar; sesuaikan takarannya dengan resep yang Anda gunakan.
  • Selanjutnya tambahkan 1½ sendok teh baking powder, untuk membuat tepung terigu self rising, pastikan juga mempergunakan baking powder yang masih segar.
  • Tambahkan ¼ sendok teh soda kue, apabila bunda membuat resep yang mengandung buttermilk, kakao, atau yoghurt.
  • Sementara itu buttermilk, kakao, dan yoghurt membutuhkan tenaga pengembang ekstra, yang bisa didapatkan dengan bantuan soda kue.
  • Bunda tidak perlu menambahkan soda kue, bila resep tidak mengandung ketiga bahan tersebut.
  • Selanjutnya tambahkan ¼ - ½ sendok teh garam, apabila resep yang dibuat sudah mengandung garam, cukup tambahkan ¼ sendok teh garam.
  • Namun sebaliknya, jika resep tidak mengandung garam, tambahkan ½ sendok teh garam kedalam tepung terigu.
  • Setelah itu ayak tepung sampai rata, dengan mengunakan whisk (alat pengocok adonan), atau garpu untuk mempermudah proses.

Pergunakan tepung terigu self rising untuk resep kue buatan bunda, tetapi perlu diingat, tepung terigu self rising yang dijual di pasaran terbuat dari gandum jenis khusus. Sehingga kue yang dihasilkan nanti, tidak akan seempuk kue yang dibuat dengan tepung terigu self rising flour produksi pabrik.

Silahkan simpan sisa tepung ke dalam wadah kedap udara, jangan lupa untuk menempelkan label tanggal kedaluwarsa tepung. Agar dapat menentukan tanggal kedaluwarsa tepung yang kita buat, bunda harus mengacu kepada tanggal kedaluwarsa soda kue, atau baking powder yang dipergunakan.

Coba Juga: Resep Kue Ketan Hitam Makanan Indonesia

Resep Self Rising Flour Bebas Gluten

Resep Self Rising Flour Bebas Gluten

Tidak beda jauh dengan cara pembuatan resep sebelumnya, proses mengolah self rising flour bebas gluten cukup mudah dan praktis, bunda bisa coba mengolahnya dengan resep sebagai berikut.

Bahan Self Rising Flour Bebas Gluten

  • 170 gr tepung beras cokelat
  • 20o gr tepung beras putih
  • 120 gr tepung tapioka
  • 165 gr tepung ketan
  • 2 sendok teh xanthan gum (bubuk nabati bebas gluten)
  • 6 ¾ sendok teh baking powder
  • 1 ⅛ sendok teh garam

Cara Membuat Self Rising Flour Bebas Gluten

  • Pertama semua bahan tepung dimasukkan ke dalam mangkuk besar, kemudian aduk sampai rata dengan menggunakan alat pengocok adonan atau garpu.
  • Selanjutnya tambahkan 2 sendok teh xanthan gum aduk kembali hingga rata.
  • Selanjutnya kita mempersiapkan bahan pengembang, dalam mangkuk terpisah, campurkan 6 ¾ sendok teh baking powder, 1 ⅛ sendok teh garam.
  • Kemudian ayak bahan pengembang ke dalam mangkuk berisi tepung, aduk sampai rata menggunakan alat pengocok adonan atau garpu.

Pergunakan tepung self rising flour bebas gluten, sebagai tambahan resep kue yang ingin Anda buat, dan simpan sisanya didalam wadah kedap udara. Jangan lupa untuk menempelkan label bertuliskan tanggal kedaluwarsa tepung; yang mengacu kepada tanggal kedaluwarsa baking powder yang digunakan, simpan wadah berisi tepung di tempat yang sejuk, dan tidak terpapar sinar matahari.

Tips Penggunaan Dalam Resep Self Rising Flour

Tepung self rising flour mempunyai masa kedaluwarsa, terutama dalam kualitas soda kue sebagai bahan pengembang, nantinya akan berkurang seiring berjalannya waktu. Ini penyebabnya mengapa semakin lama tepung self rising disimpan, semakin berkurang pula kemampuannya untuk mengembangkan kue. Dibandingkan dengan tepung terigu serbaguna, pada umumnya tepung self rising yang dijual di pasaran terbuat dengan jenis gandum yang lebih halus. Jenis gandum tersebut yang akan membuat tekstur kue lebih lembut, dengan menambahkan baking powder ke dalam tepung terigu serbaguna dapat memberikan efek mirip, tapi tidak akan selembut kue yang dibuat dengan tepung self rising flour produksi pabrik.

Silahkan Simak: Resep Kue Bolu Lemon Kismis bagi Penderita Diabetes

Demikian kali ini dapur ocha bagikan, mengenai resep self rising flour untuk adonan aneka kue, yang akan menampilkan tekstur yang cukup baik. Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari cara membuat self rising flour, terima kasih sudah mengunjungi dapurocha.com, sampai jumpa kembali di informasi kuliner lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, bisnis, wisata, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan