oleh

Resep Tom Yam Instan Simpel dan Enak

Dapur Ocha, Tom Yam merupakan masakan asli Thailand yang cukup populer dan mendunia, bahan dasar Sup Tom Yam biasanya terdiri dari Sefood seperti udang, ikan dan sayur sayuran. Arti kata Tom sendiri dalam bahasa thailand adalah proses perebusan, dan Yam memiliki arti asam pedas. Campuran udang atau ikan dengan kuah Tom Yam yang segar cukup menggugah selera makan Anda. Dan makanan ini cukup digemari masyarakat di Indonesia. Resep tom yam makanan asli thailand ini pun cukup simpel.

Menu Tom Yam terasa cukup mewah, aroma bumbu yang harum, pasti membuat kita ingin mencobanya. Membuat nya cukup simpel, dan proses memasaknya juga cukup cepat. Sekarang sudah banyak di jual bumbu instan Tom Yam yang cukup enak, jadi tidak perlu repot-repot lagi mengulek bumbu atau bahan dasarnya. Hanya perlu beberapa bahan bumbu yang membuat aroma Tom Yam semakin segar, tidak kalah tentunya dengan buatan restoran.

Variasi Tom Yum

Sup khas negeri Thailand ini memiliki rasa asam pedas dan menyegarkan, tapi tahukah ibu bahwa Tom Yum memiliki beberapa variasi?

Beberapa variasinya yaitu ; Tom Yum Goong adalah Tom Yam berbahan dasar udang, Tom Yum Talay adalah Tom Yam berbahan dasar seafood dan jamur, Tom Yum Gai adalah Tom Yam berbahan dasar ayam, Tom Yum Pla adalah Tom Yam berbahan dasar ikan. Ayo kreasikan Tom Yum sesuai selera keluarga,

Sudah tidak sabar bukan untuk membuatnya di rumah? Langsung saja simak resep dari Dapur Ocha berikut.

Resep Tom Yam Instan

Untuk bumbu instant yang digunakan dalam resep Dapur Ocha, adalah merek Bamboe. Tapi kamu bebas mengganti dengan bumbu Tom Yam instan merek lain jika suka. Dapur Ocha merekomendasikan Merk Lobo dan Bamboe.

1. Bahan Utama

  • 4 Ekor Udang Besar
  • 10 Buah Bakso Ikan
  • 10 Buah Jamur Kancing
  • 4 Buah Tahu Putih
  • 5 Buah Crab Stick
  • 4 Lembar Sayur Pakcoy
  • 4 Lembar Sawi Putih
  • Seledri secukupnya (Taburan)

2. Bumbu Kuah

  • 1 Bungkus Bumbu Instan (Bamboe)
  • 1 Batang Serai
  • 3 Lembar Daun Jeruk
  • 10 Buah Cabe Merah
  • 5 Buah Cabe Rawit Merah
  • 0,5 Buah Bawang Bombay
  • 700 ml Air Mineral

Cara Membuat

  • Pertama ambil talenan lalu potong Jamur, Tahu Putih, Crab Stick, Sayur Pakcoy, Sawi Putih, Bawang Bombay, Cabe Merah dan Cabe Rawit. Geprek juga Serai.
  • Siapkan panci lalu masukan Air, Bumbu Instan, Serai, Daun Jeruk, Cabe Merah dan Rawit. Masak dengan api sedang, lakukan hingga mendidih.
  • Setelah air mendidih, kemudian masukan Udang. Lanjut masak dengan api sedang sambil diaduk, lakukan hingga udang matang dan berubah jadi merah.
  • Masukan bahan sisanya seperti Bakso Ikan, Crab Stick, Jamur Kancing, Tahu Putih, Sayur Pakcoy dan Sawi Putih. Masak sebentar atau sekitar 5 menit.
  • Tom Yam siap disajikan. Ambil mangkuk, lalu ambil Tom Yam selagi hangat. Beri taburan Seledri, lalu hidangkan. Selesai, siap dinikmati!

Beberapa Tips membuat Tom Yam yang Enak

Tonjolkan Rasa dengan Bumbu Halus

Bumbu Halus merupakan salah satu kunci utama resep otentik dari rasa tom yam. Catat baik-baik, bumbu halus tom yam harus menggunakan 3 bahan utama yaitu bawang putih, cabai kering dan ebi. Ketiga bumbu tersebut perlu digoreng sampai harum dan kemudian diblender bersama minyaknya. Dijamin, perpaduan kombinasi sedap khas tomyam sehingga wajib ada kalau mau tom yam sup seenak Thailand.

Naikkan Aroma dengan Aneka Rempah

Sesudah bumbu halus direbus, penambahan aneka rempah dalam kuah menambah aroma harus dalam kuah. Bahan yang wajib ada adalah kecap ikan, serai, daun jeruk, dan lengkuas. Semuanya saling menunjang dan menciptakan aroma khas tom yam soup.

Jangan Pernah Lupa Daun Ketumbar

Orang Thailand paling senang menambahkan beberapa daun ketumbar dalam masakannya, begitu juga dengan tom yam kurang lengakap jika tidak menggunakan daun ketumbar. Percayalah, tom yam soup seenak Thailand tidak akan sukses kalau tidak menambahkan daun ini ke dalam rebusan kuahnya. Begitu daun ketumbar masuk kedalam kuah, aroma khas tom yam langsung tercium. Ketahuilah, ada baiknya kita menggunakan bukan hanya daun dan batangnya, tapi juga akar daun ketumbar. Bagian akar dari dauan ketumabar  punya aroma sedap yang sangat kuat sehingga sayang sekali jika dibuang. Cuci bersih akarnya, kemudian masukkan ke dalam kuah suop saat awal memasak. Begitu suop akan matang, baru tambahkan daun dan batang ketumbarnya.

Isi Tom Yam dengan Beragam Bahan

Isian tom yam bisa Anda diganti-ganti sesuai selera antara udang, ayam, ikan, atau bahkan seafood. Orang Thailand punya nama atas tomyam yang isinya udang, yakni tom yam goong. Sementara yang isinya ikan diberi nama tom yam pla dan untuk yang isi ayam, diberi nama tom yam kai. Nah, penggunaan  jamurnya, digunakan jamur merang biasa.

Boleh Bening, Boleh Bersantan

Tom yam soup tidak selalu bening. Bisa juga ditambahkan santan di dalam kuahnya. Santannya santan encer sehingga rasa kuahnya tetap ringan dan gurih. Jika Anda suka bisa juga diberi santan kental, tetapi di akhir penyajian. Tambahkan saja sebagai toping di atasnya. Selain santan, tom yam yang lebih modern juga menambahkan krim di atasnya sebagai toping. Bahannya memang agak banyak. Tapi semua akan terbayar dengan rasa puas karena bisa meracik sendiri tom yam sup dirumah.

Penutup

Demikian Resep Tom Yam Instan Simpel dan Enak dari Dapur Ocha, jika Anda menyukai hidangan seafood lainnya, Anda juga bisa mencoba Resep Tumis Udang Asam Manis Petai Super Enak. Terima kasih sudah berkunjung ke Dapur Ocha, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share artikel ini.