Sejarah Minuman Jamu Tradisional Indonesia

Diposting pada

Dapur ocha, Sejarah minuman jamu tradisional Indonesia - Masyarakat kita selalu meminum jamu, dan tradisi minum jamu ini sudah ada sejak 1300 tepatnya pada zaman Kerajaan Mataram, dan merupakan minuman bersejarah. Minuman jamu sudah termasuk sebagai minuman tradisional khas Indonesia. Meskipun mempunyai rasa pahit, jamu sendiri saat ini masih banyak dicari sebagai obat herbal alami.

Sedikit agak berbeda dapur ocha kali ini, akan membahas sejarah minuman jamu tradisional indonesia, karena selain sehat untuk di konsumsi ternyata minuman sehat ini mempunyai sejarah yang sangat baik. Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri untuk masyarakat Indonesia, bahkan minuman jamu ini sudah di kenal sampai ke Dunia internasional.

Sejarah Minuman Jamu Pada Zaman Dahulu

Sejarah minuman jamu tradisional Indonesia

Pada zaman dahulu jamu ini banyak diminum, dan diproduksi oleh para wanita, sebab pada masa itu pria lebih berperan untuk mencari tumbuhan herbal alami sebagai bahan dasar mengolah jamu. Umumnya jamu diminum sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan, mencegah, serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jamu pun disajikan dengan berbagai jenis, karena di Indonesia sendiri tanaman herbal berjumlah cukup banyak.

Bahan dasar jamu yang biasa ditambahkan antara lain kunyit, lengkuas, temulawak, jahe, kencur, daun secang serta kayu manis. Bahan tambahan lainnya ialah jeruk nipis, buah asam, gula jawa atau gula batu, dipakai untuk menambahkan rasa segar dan rasa manis pada jamu yang cenderung terasa pahit.

Proses Mengolah Jamu, Minuman Khas Indonesia

Proses dalam mengolah jamu juga tidak terlalu sulit, cukup dengan memarut semua bahan yang diperlukan, lalu mencampurkan dengan air dan direbus sampai matang. Setelah itu bahan jamu diperas, didalam proses pemerasan inilah sari pati dari tanaman herbal diambil. Kemudian sari-sari tersebut akan dijadikan obat herbal alami, yang disebut jamu dan kita kenal selama ini.

Perkembangan Minuman Jamu Di Indonesia

Dalam perkembangannya, jamu juga pernah mengalami masa penurunan pada saat ilmu kedokteran pertama kali masuk ke Indonesia. Selain masalah standar kebersihan dalam pengolahan jamu, khasiat dari jamu pun turut dipertanyakan oleh ilmu kedokteran di kala itu.

Akan tetapi sejarah minuman jamu kembali berjaya pada masa penjajahan Jepang Tahun 1944, dimasa ini dibentuklah komite jamu Indonesia. Seiring dengan perkembang teknologi, kini jamu pun telah dikemas kedalam beberapa bentuk seperti pil, tablet, atau bubuk instan yang apat dengan mudah diseduh di rumah.

Baca Juga: Resep Aia Kawa Minuman Sejarah Khas Sumatera

Manfaat Jamu Tradisional

Sejarah minuman jamu sendiri banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, baik didalam maupun luar agar tetap sehat dan prima. Terdapat banyak jenis jamu yang populer di Indonesia, diantaranya ialah jamu beras kencur, jamu pahitan, jamu sehat laki-laki dan wanita, jamu kunyit asam, dan aneka jamu lainnya.

Jika sejarah minuman jamu dahulunya dijajakan dengan cara digendong, kini jamu sudah banyak dijual di berbagai kafe bun. Bahkan di daerah Jakarta sendiri terdapat kafe jamu legendaris, dan masyarakat ibukota sering mampir untuk meminum jamu tersebut. Sejarah minuman jamu tradisional indonesia, semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semuanya, khususnya bagi adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah, sebagai sarana pembelajaran.

Resep Minuman Jamu Pelangsing Kunyit Asam

Resep Jamu Pelangsing Kunyit Asam

Sejarah minuman jamu tradisional indonesia, telah dapur ocha ulas, nah sekarang bagi bunda yang ingin metabolisme tubuh lebih baik dan diet, Anda bisa mengkombinasikan dengan jamu kunyit asam, berikut cara membuatnya.

Bahan Jamu Pelangsing Kunyit Asam:

  • 500 gram kunyit (Yang sudah tua ya bun kunyitnya)
  • 250 gram asam jawa
  • 500 gram gula merah
  • 2 liter air
  • 1/8 sendok teh garam

Cara Membuat Jamu Pelangsing Kunyit Asam:

  • Silahkan cuci kuntit sampai bersih, kemudian haluskan dengan cara diparut atau diblender.
  • Saring sari kunyit tersebut dengan kain.
  • Kemudian campurkan sari kunyit dengan segelas air.
  • Rebus bersama dengan asam jawa, gula merah, dan garam.
  • Cara perebussan dengan menggunakan api kecil sampai mendidih.
  • Angkat dan dinginkan terlebih dahulu, sebelum diminum selamat mencoba.

Baca Juga: Resep Teh Talua Minuman Khas Sumatera Barat

Penutup

Demikian yang bisa dapur ocha berikan tentang Sejarah minuman jamu tradisional Indonesia, berikut juga resep jamu pelangsing kunyit asam yang dapat buna coba di rumah. Terima kasih sudah berkunjung ke dapurocha.com, jangan lupa di share ya bun, sampai jumpa kembali di informasi lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.
Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *