14 Teknik Memasak Makanan Ala Chef

Diposting pada

Dapur ocha, 14 Teknik Memasak makanan Ala Chef - Sebenarnya ada beberapa teknik memasak makanan, yang bunda perlu ketahui, dan teknik ini bisanya sering sekali di pakai oleh chef terkenal yang ada di seluruh dunia. Mungkin dari kita belum banyak mengetahui teknik memasak makanan ini, dan ada pengertian serta filosofinya bun. Bila kita masak di rumah yang kita ketahui hanya sekedar menumis, menggoreng, atau merebus. Ternyata teknik dalam memasak itu banyak sekali bunda, serta nama tehnik masak ini juta terdengar sangat asing atau aneh.

Apabila bunda belum pernah mendengar sebelumnya, teknik memasak makanan ala chef ini, nah kebetulan kali ini dapur ocha akan menerangkan beberapa teknik dalam memasak dan pengertiannya. Karena teknik ini dalam prosesnya sedikit berbeda, tentu saja hasil masakannya pun menciptakan keunikan dengan taste masing-masing.

Sebelum kita membahas lebih jauh, ternyata dari beberapa teknik memasak itu dibagi menjadi dua kategori. Dimana kedua kategori ini bernama teknik memasak basah, dan teknik memasak makanan kering. Bila Anda tertarik untuk dapat mencoba beberapat teknik ini, mari kita simak dibawah ini teknik memasak makanan ala chef berikut pengertiannya.

Apa Itu Teknik Memasak Makanan Basah ?

Tehnik ini adalah cara memasak menggunakan cairan untuk proses pematangannya, cairannya tidak sekedar air bersih saja. Akan tetapi dapat bunda coba dengan menggunakan susu, kaldu, dan lain sebagainya. Proses teknik memasak makanan basah ini, tergantung dari teknik apa yang digunakan, untuk selengkapnya dan menambah ilmu pengetahuan memasak silahkan simak sampai habis ya bun.

1. Teknik Boiling

14 Teknik Memasak Makanan Ala Chef, Boiling

Apa yang di maksud dengan boiling ?, teknik memasak makanan dengan cara merebus agar dapat menciptakan taste yang khas. Boiling sendiri suah cukup familiar di berbagai kalangan chef, bahkan kalo di dalam pelajaran kuliner sering di jelaskan. Teknik boiling sendiri prosesnya sangat sederhana dan simple banget, dengan cara merendam bahan masakan di dalam air, lalu rebus sampai mendidih.

Bagi Anda yang belum tahu, apa itu teknik boiling ?, cara memasak makanan super simpel yang biasa kita lakukan, yaitu masak Indomie rebus atau sayur. Teknik ini sering dianggap kurang baik, karena harus menunggu waktu yang lama dalam merebus, sebab suhu yang di pakai mesti 100 derajat celsius. Soalnya kalau kita merebus sayur dengan air yang terlalu panas, kandungan nutrisi dan vitamin di dalam sayuran malah akan hilang.

2. Teknik Poaching

Teknik Memasak Poaching

Apa yang dimaksud dengan teknik poaching?, teknik ini hampir mirip dengan boiling, tetapi poaching dimasak dengan api sedang dengan perlahan. Teknik memasak poaching biasa dipakai untuk membuat telur setengah matang, terlihat dari luar matang, tapi begitu dipotong, kuning telurnya menjadi llumer, sangat menggugah selera dan lezat bun bila memasak menggunakan teknik ini.

3. Teknik Simmering

Teknik Memasak Simmering

Teknik memasak makanan simmering sangat beda loh dengan teknik boiling dan teknik poaching. Karena simmering membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan boiling, tentu akan menghasilkan kuah menjadi lebih wangi, dan mantap ketika di hidangkan. Sebab bahan dan bumbu masakan yang direbus lebih lama, simmering biasanya dipergunakan untuk membuat kaldu, soto, ataupun rawon.

4. Teknik Stewing

Teknik Memasak Stewing

Stewing sering juga disebut dengan menyemur atau menyetup, teknik memasak basah ini biasanya menggunakan cairan bukan berupa air, melainkan santan, susu, kaldu, atau mungkin bumbu kental yang sebelumnya telah ditumis. Cairan yang biasanya dipergunakan untuk proses memasak dengan stewing hanya sedikit, dengan cara memasak yang lebih perlahan. Agat aroma dari bumbu masakan bisa keluar, dan makanan yang dimasak pun menjadi lebih lembut. Cara memasak stewing antara lain seperti opor ayam, semur ayam, atau rendang.

5. Teknik Braising

Teknik Memasak Braising

Teknik memasak makanan braising hampir mirip dengan stewing, perbedaannya dari daging yang ingin di semur atau disetup. Teknik ini biasanya direndam terlebih dahulu, proses perendaman memakan wakti sekitar 12 sampai 24 jam, tergantung dari jenis daging apa yang ingin di masak.

Fungsinya agar semua bumbu dapat meresap dengan sempurna, ke dalam tekstur daging dimasak. Apabila sudah direndam, maka daging akan dipanggang di dalam oven supaya warnanya cokelat cantik. Kemudian daging tersebut akan direbus dengan sisa bahan perendaman daging yang ada, atau brown stock sampai cairan menjadi sedikit kering.

6. Teknik Steaming

Teknik Memasak Steaming

Teknik memasak makanan steaming prosesnya lebih mudah, pengertian steaming merupakan proses memasak dengan cara mengukus. Disini kita dapat mempergunakan panci kukusan, yang diisi dengan air yang mendidih di bawahnya, kemudian letakkan panci yang lebih kecil, atau bisa menggunakan dandang untuk meletakkan makanan yang ingin dikukus. Teknik memasak steaming biasa kita gunakan untuk makanan yang di steam, seperti bolu kukus, siomay dimsum, atau ikan.

7. Teknik Au Bain Marie

Teknik Memasak Makanan Au Bain Marie

Au Bain Marie merupakan proses atau teknik memasak dengan cara mengetim, seperti membuat nasi tim salah satunya, prosesnya di namakan tehnik au brain mariena. Cara memasaknya pun mirip seperti teknik steaming, dengan menggunakan panci kukusan yang diisi air mendidih pada bagian bawahnya.

Namun sedikit ada perbedaan, di dalam panci yang dipergunakan nanti diletakkan lagi panci berisi air. Kemudian di dalam panci yang berisi air tersebut baru meletakkan dandang berisi makanan yang ingin ditim. Jadi di dalam panci kukusan tersebut, nantinya ada dua wadah yang dipergunakan, panci ke satu berisi air, dan satunya lagi berisi makanan.

Kesimpulan Teknik Memasak Makanan Basah

Jadi pengertian teknik dalam memasak basah ini adalah, proses memasak dengan cara merebus dengan air, dan bisa memasak dengan cara dikukus. Jadi kita semua istilah dan filosofi dari pengertian teknik memasak basah ini, masakan yang di olah pun akan menambah citarasa yang menggugah selera untuk di santap.

Baca juga: Tips Mudah Mengolah Jantung Pisang Bebas Getah

Apa Itu Teknik Memasak Makanan Kering ?

Teknik memasak makanan kering merupakan proses memasak makanan tidak menggunakan air sama sekali. Teknik dalam memasak ini sering juga disebut dry heat of cooking, dann mempunyai tekstur yang berbeda, dengan citarasa makanan tersebut. Proses teknik memasak dengan cara ini, akan menghasilkan makanan yang lebih kenyal, gurih, crunchy. Ada benerapa teknik memasak kering, yang mungkin Anda ingin mengetahuinya, berikut ulasannya bun.

8. Teknik Deep Frying

Teknik Memasak Deep Frying

Apa yang dimaksud dengan teknik memasak makanan deep frying ?, proses memasak dengan banyak minyak, sampai semua makanan terendam seluruhnya ke dalam minyak goreng. Teknik deep frying akan menghasilkan makanan yang crunchy, dan kering begitu makanan tersebut sudah matang. Seperti makanan berupa nugget goreng, tempe goreng, atau donat kentang. Dalam proses memasaknya Anda harus mempergunakan kuali yang cekung ke dalam, agar makanan bisa terendam semua dengan rata.

9. Teknik Shallow Frying

Teknik Memasak Shallow Frying

Teknik ini cukup berbeda dengan teknik deep frying, teknik memasak shallow frying hanya memakai sedikit minyak goreng. Dengan cara menggoreng sebentar, dan biasanya tidak mesti dibalik secara berkali-kali, proses memasaknya menggunakan wajan datar, seperti menggoreng telur.

10. Teknik Saute

Teknik Memasak Saute

Teknik saute diberi nama dengan bahasa Prancis, di Indonesia sendiri teknik ini di kenal dengan sebutan menumis. Hampir mirip seperti teknik shallow frying dalam proses masaknya, pakai sedikit minyak goreng dan menggunakan wajan datar. Namun sedikit perbedaan disini, makanan harus dibalik berkali-kali, contoh makanan menggunakan teknik saute adalah tumis sayur kacang panjang.

11. Teknik Grilling

Teknik Memasak Grilling

Grilling merupakan proses makanan yang dilakukan dengan cara dibakar, bisa kita bilang proses ini disebut nyate atau bikin sate. Teknik memasak grilling ini cukup dikenal, dan biasanya makanan yang akan dimasak dengan panas yang berasal dari bawah. Panas yang dihasilkan dari bara arang atau bisa api kompor, bila ingin menggunakan teknik grilling bahan makanan sudah dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Jarak antara api dan makanan yang ingin dibuat harus dekat, agar makanan bisa matang dengan cepat.

12. Teknik Barbecuing

Teknik Memasak Barbecuing

Teknik memasak makanan ini hampir sama dengan grilling, namun perbedaannya adalah teknik grilling proses memasak fast cooking, sedangkan barbecuing ialah proses memasak dengan slow cooking. Karena menggunakan metode slow cooking, maka daging yang potongannya lebih besar cocok untuk barbeque. Cara memasaknya perlahan, dan merata dengan sempurna, dengan jarak api dan daging tidak terlalu dekat, karena bila terlalu dekat akan menjadi gosong.

13. Teknik Roasting

Teknik Memasak Roasting

Roasting biasa dipergunakan untuk memasak satu daging utuh, seperti ayam, kalkun, atau kambing guling. Namun sebelum memasak daging akan dibumbui terlebih dahulu, kemudian diolesi dengan mentega, lalu dimasukkan ke dalam oven.

14. Teknik Smoking

Smoking

Teknik memasak smoking ialah proses memasak dengan asap, atau udara panas sampai matang. Makanan tersebut akan matang dengan asap panas tersebut, dan prosesnya pun lebih lama. Namun aroma yang dihasilkan dari makanan yang sudah matang, akan mengeluarkan bau khas asap yang sedap dan menggugah selera.

Baca Juga: Tehnik Menyimpan Nasi Sushi Dengan Baik

Kesimpulan Teknik Memasak Makanan Kering

Dari penjelasan diatas, tentunya teknik memasak makanan kering, dan teknik memasak basah sangat berbeda, dimana proses ini tidak menggunakan cairan sedikitpun. Hasil makanan pun akan lebih renyah, dan juga crunchy bun, sangat cocok dijadikan usaha nantinya.

Demikian yang dapat dapur ocha bagikan kali ini, tentang 4 Teknik Memasak makanan Ala Chef, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan menambah wawasan tentang kuliner. Terima kasih senantias mengunjungi ke dapurocha.com, sampai jumpa di info kuliner lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.
Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *