KesehatanNewsTips

Tips Menghangatkan Sisa Makanan dari Kulkas

Dapur Ocha, Tips menghangatkan sisa makanan dari kulkas. Buat bunda yang suka menyediakan masakan untuk keluarga, apalagi dimasa pandemi seperti ini. Tentu memasak sendiri untuk keluarga akan menjadi lebih aman dan sehat, dibanding bunda membelinya diluar . Terkadang apa yang kita masak tidak langsung habis pada saat itu. Tentu ada sisa makanan yang sayang klo di buang. Menyimpannya di kulkas dan menghangatkannya kembali jika ingin dimakan, memang merupakan solusi yang cukup baik saat ini. Sehingga tentu menghemat uang dan menghindari kemubaziran dalam membuang makanan.

Tapi taukah Bunda seberapa aman proses menghangatkan sisa makanan dari kulkas?. Menurut Lydia Buchtmann yang merupakan Jubir Dewan Informasi Keamanan Makanan Australia, bahwa jika Anda ingin memanaskan makanan pastikan makanan benar benar panas dalam prosesnya. Proses pemanasan hingga kebagian dalam makanan. Untuk Proses pemanasannya bisa mencapi suhu 82°C. Berikut Tips yang akan kita bahas dalam menghangatkan sisa makanan dari kulkas agar cukup aman untuk dikonsumsi.

Tips menghangatkan sisa makanan

Tips Menghangatkan Sisa Makanan dari Kulkas

1. Anda bisa menyimpan makanan sisa sekitar 2-3 hari di dalam kulkas, sekitar suhu 5°C secara konsisten. Untuk hidangan berkuah, gulai, bisa Anda hangatkan langsung menggunakan kompor, gunakan api sedang dan aduk hingga merata.

2. Beberapa makanan hanya bisa dihangatkan satu kali pemanasan saja, seperti bayam, nasi, kentang, masakan bersantan, jamur. Kenapa nasi tidak boleh dipanaskan secara berulang karena ada bakteri yang bernama Bacillus cereus yang senang berada dalam makanan yang mengandung zat pati dan tahan terhadap panas.

3. Tips yang ketiga, pada saat Anda memanaskan makanan menggunakan oven, gunakan kertas aluminium voil sebagai alas untuk makanan seperti pizza, gorengan, cake atau roti. Fungsi aluminium foil adalah untuk menjaga agar makanan tersebut tetap renyah pada saat dipanaskan.

4. Tips ke empat jika menghangatkan sisa makanan menggunkan microwave, gunakan wadah yang memang microwave safe. Karena jika menggunakan sembarang wadah pelastik bisa saja meleleh.

Penutup

Jika Anda membiarkan makanan sisa terlalu lama berada suhu luar dapat merusak makanan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Sementara, makanan sisa dapat bertahan di dalam kulkas hingga empat atau lima hari, dan bisa bertahan hingga enam bulan jika Anda simpan di dalam freezer, jika pengemasannya baik.

Jadi agar bisa awet dan dapat dipanaskan kembali, pastikan wadah nya juga steril dan bersih ya. Selain itu wadah juga tertutup rapat. Pisahkan jenis makanan agar tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lain. Bunda juga bisa mencoba Tips Memasak Porsi Besar untuk Acara agar Tahan Lama . Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya. Terima kasih, sampai bertemu di artikel berikutnya.

ocha

Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button