Tips Mengolah Cumi yang Tepat Agar Empuk dan Tidak Alot

Diposting pada

Dapur Ocha,Tips Mengolah Cumi yang Tepat Agar Empuk dan Tidak Alot - Cumi-Cumi merupakan binatang moluska yang hidup dilaut. Bentuk tubuh cumi-cumi seperti pipa, dan mempunyai tekstur yang kenyal. Cumi-cumi sudah banyak dikonsumsi, karena memiliki gizi yang cukup tinggi. Cumi-Cumi merupakan Seefood populer yang banyak digemari, karena rasanya yang enak dan lezat.

Ada beberapa kendala dalam mengolah masakan cumi-cumi, bagi seorang pemula yang belum tahu cara tepat mengolah cumi-cumi, kemungkinan bisa menyebabkan masakan masih bau Amis atau cumi-cumi masih dalam keadaan alot atau tidak empuk. Kali ini Dapur Ocha akan membantu Anda memberikan Tips Mengolah Cumi yang Tepat Agar Empuk dan Tidak Alot.

Ada beberapa Tips yang harus Anda lakukan, untuk membuat cumi tidak Amis pada saat dimasak, dan tentunya hasil akhir masakan Anda cumi terasa empuk dan tidak Alot, karena cumi yang alot pasti susah untuk dimakan, karena terasa keras. Maka dari itu kita harus memperhatikan cara pengolahan cumi yang tepat.

Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Amis

Tips Mengolah Cumi yang Tepat Agar Empuk dan Tidak Alot
Sebelum Anda memasak cumi, tentunya Anda harus memperhatikan bagaimana cara menhindari bau abis pada cumi pada saat dimasak, berikut Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Amis pada saat di masak :

1.Pilihlah cumi yang masih segar atau fresh

Cumi yang baik atau masih fresh mempunyai ciri-ciri, daging cumi masih padat dan kenyal,daging tidak berwarna kemerahan, tidak berbau busuk, mata cumi masih bersih dan kulit arinya tidak rusak . Tentunya dengan memilih cumi yang masih fresh dan tidak berbau menyengat akan mengurangi rasa amis pada cumi.

2. Bersihkan Cumi secara benar

Terkadang cumi yang kita beli masih mempunyai kantung tinta hitam, bersihkan bagian tinta cumi-cumi dengan hati-hati, jangan sampai pecah atau berceceran ke dagingnya. Kemudian buang tulang rawan yang mirip dengan plastik pada bagian perut cumi, dan juga bersihkan kulit ari bagian luar cumi. Bersihkan semua kotoran dengan air yang mengalir sampai benar benar bersih. Membersihkan cumi tepat tentunya membuat olahan cumi terhindari dari bau amis dan membuat masakan menjadi lebih lezat.

3. Anda bisa melumuri Cumi dengan bahan-bahan penghilang bau Amis

Setelah dibersihkan, Anda bisa melumuri cumi dengan perasan air jeruk nipis, asam jawa, bisa juga menggunakan parutan jahe. Diamkan beberapa saat. Lalu bilas kembali cumi dengan air bersih. Setelah itu Anda bisa langsung mengolahnya. Tapi harus diingat jangan terlalu lama dalam melumuri karena akan menghilangkan aroma dari cumi.

Tips Mengolah Cumi yang Tepat Agar Empuk dan Tidak Alot

1. Apakah Anda pernah mengalami, pada saat Anda memasak atau mengolah cumi, hasilnya malah tidak empuk atau alot, pasti ada yang salah pada saat mengolahnya. Cumi-cumi tidak bisa dimasak terlalu lama, ini yang bisa menyebabkan cumi tidak empuk dan bisa menjadi alot. Waktu yang ideal pada saat mengolah cumi sekitar 3 menit saja. Jika anda sudah terlanjur mengolahnya melibihi 5 menit, maka anda bisa tambah kan waktu memasak sampai 30 menit agar daging cumi bisa kembali menjadi empuk.

2. Setelah Anda merebus cumi-cumi, maka Anda harus langsung memasukan cumi ke dalam air dingin. Ini bisa membuat daging cumi tetap empuk dan tidak alot. Dan Apabila Anda mengolah Sup maka anda bisa memasak cumi secara terpisah dari bahan-bahan lainnya. Baru dimasukan jika semua bahan telah matang.

Penutup

Itulah tips mengolah cumi agar tidak bau amis dan Tips Mengolah Cumi yang Tepat Agar Empuk dan Tidak Alot. Anda juga bisa mengetahui Tips Menyimpan Cabai Agar Tetap Fresh. Semoga bisa membantu Anda dalam mengolah bahan cumi, sehingga membuat masakan Anda menjadi lebih enak dan nikmat. Jangan lupa share dan bagikan tips mengolah cumi, untuk keluarga dan rekan Anda. Terima kasih.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Dapur Ocha menyediakan aneka resep makanan, berikan komentar secara relevan ya, jangan lupa like dan share Halaman Dapur Ocha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *