by

Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Dapur Ocha, Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami – Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati yang terjadi pada kulit kepala, ketombe sering disebut juga kelemumur dalam bahasa ilmiah atau kedokteran disebut Pityriasis capitis. Menghilangkan ketombe memang gampang gampang susah. Jika kulit kepala mengalami ketombe, tentu sangat menganggu sekali. Karena ketombe bisa menyebabkan rasa gatal dan menyebabkan ruam pada kulit kepala jika mengalami secara terus menerus dan tidak di obati.

Sebelum kita mengobatinya, harus kita pastikan kembali penyebab kulit kepala bisa berketombe. Kulit kepala kita memiliki kelenjar minyak, dan jika produksi kelenjar minyak terlalu berlebih, itu bisa menyebabkan ketombe. Ketombe juga bisa disebabkan oleh jamur , mikroba yang bisa membuat kulit Anda berketombe yaitu Malassezia globosa. Jamur ini terdapat pada kulit kepala orang dewasa. Dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Kebanyakan kasus ketombe dapat Anda sembuhkan dengan menggunakan shampoo Anti ketombe. Akan tetapi jika ketombe susah di disembuhkan Anda bisa mencoba bahan-bahan Alami untuk mengusir nya dari kulit kepala Anda. Beberapa bahan alami disekitar kita ternyata bisa menyembuhkan ketombe loh, dan untuk mendapatkannya pun cukup mudah.

Bahan Alami yang bisa menghilangkan Ketombe Membandel

Bahan Alami yang bisa menghilangkan ketombe membandel
Gambar Bahan Alami yang bisa menghilangkan ketombe membandel

Bahan alami tentu lebih aman digunakan untuk menghilangkan ketombe membandel. Selain bahannya mudah didapat harganya pun cukup terjangkau. Beberapa bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan ketombe yang hinggap di kulit kepala Anda ;

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Gambar Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal mempunyai banyak manfaat, kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, Zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, dan C. Lidah buaya juga memiliki antioksidan dan beberaa enzim. Lidah buaya sangat banyak manfaatnya, untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya untuk mencegah rambut rontok, membuat rambut berkilau, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buaya:

  • Haluskan daging lidah buaya secukupnya.
  • Oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala.
  • Pijat dengan lembut agar meresap pada kulit kepala.
  • Biarkan selama 30 menitBilas dengan air hingga bersih.

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Gambar Jeruk Nipis

Selain mengandung Vitamin C, Jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, lemak, serat, protein, kalsium, asam folat, magnesium, zat besi, fofsor, kalium, seng, dan gula. Dan juga asam sitrat yang membuat rasa menjadi asam. Vitamin C yang ada pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala bisa menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis:

  • Peras buah jeruk nipis
  • Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya
  • Oleskan pada rambut
  • Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
  • Bilas dengan air bersih

3. Minyak Kemiri

Minyak Kemiri
Gambar Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan minyak yang dihasilkan dari biji kemiri. Kemiri memang cukup mempunyai banyak manfaat, selain digunakan sebagai bahan-bahan untuk memasak, kemiri juga digunakan dibidang kesehatan. Minyak yang dihasilkan dari biji kemiri dipercaya berkhasiat sebagai penyubur rambut, melembabkan rambut, penumbuh rambut. Sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan shampoo dan sabun.

Minyak kemiri sebagai penyubur rambut banyak ditemukan dalam kandungan shampoo, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak kemiri:

  • Gunakan minyak kemiri sebelum keramas
  • Biarkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

4. Minyak Zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun adalah obat tradisional yang bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala dan membantu melenyapkan ketombe. Minyak zaitun juga dapat melembabkan area kulit kepala yang kering dan bersisik. Kulit kepala yang dilembabkan oleh minyak zaitun akan mengelupaskan ketombe menempel. Dan menghilangkan ketombe secara permanent.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak zaitun:

  • Pertama Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala Anda secara merata.
  • Lakukan pijatan secara ringan agar minyak zaitun meresap dikulit kepala.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
Penutup

Demikian 4 bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Anda juga harus menggunakan shampoo anti ketombe yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, selenium sulfide atau ketoconazole. Gunakan secara teratur bahan bahan alami di atas untuk mengatasi ketombe Anda.

Apabila penanganan ketombe Anda tidak mengalami perbaikan sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memeriksakan kondisi kulit kepala Anda. Anda juga bisa Merawat Rambut Dengan Kondisioner Dari Vieshop untuk melembutkan dan membuat sehat rambut Anda . Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung ke Dapur Ocha.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *