29 Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Tahun Ini

Diposting pada

Dapur ocha, 29 usaha sampingan dengan modal kecil tahun ini - Seorang karyawan tetap di salah satu perusahaan, tentu ingin mempunyai penghasilan lebih, usaha sampingan merupakan salah satunya yang dapat Anda coba. Karena dalam usaha sampingan mempunyai berbagai pilihan bebas, untuk karyawan tentu tidak ada larangan, selama tidak bertentangan dengan peraturan bisnis dari perusahaan tersebut.

Modal biasanya menjadi sebuah kendala, ketika ingin menjalankan usaha sampingan, berbagai alasan tidak adanya modal menjadi bisnis sampingan, mungkin terlalu enggan untuk di jalankan. Tetapi bila sudah berniat, apapun hasilnya ketika di jalankan tanpa modal sekalipun, Anda dapat membuka usaha sampingan. Opini masyarakat selalu menyatakan tanpa modal besar, maka sebuah bisnis sampingan tersebut tidak akan bisa di mulai dan berjalan.

Akan tetapi ternyata hal ini tidak benar, banyak orang di luar sana yang hanya mengandalkan keahlian bisa berhasil, peluang usaha sampingan cukup terbuka lebar bagi Anda yang ingin memulainya. Bahkan pinjaman bank menjadi salah satu alternatif modal bisnis, yang dapat Anda coba untuk membuka usaha sampingan.

Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

Mempunyai usaha memang susah-susah gampang, namun bila Anda punya niat yang sangat kuat, kenapa tidak untuk memulai usaha sampingan. Hal ini menjadi salah satu kebanggaan tersendiri, bila sudah melakukannya, di bawah ini kami akan bagikan beberapa referensi, usaha sampingan yang menguntungkan mari kita simak.

Baca: Peluang Usaha Tahun 2019 Yang Akan Laris

1. Jual Pulsa Elektrik

Jual Pulsa Elektrik

Bagi Anda yang ingin memulai usaha sampingan, namun tidak mempunyai modal yang cukup banyak, dapat memulai bisnis jual pulsa elektrik. Jual pulsa elektrik merupakan salah satu jalan keluar, bagi yang ingin memulai usaha. Tanpa perlu modal besar, bisnis ini akan langsung di jalankan, dan mempunyai waktu fleksibel. Dimana usaha ini menjadi kelebihan tersendiri, Anda hanya perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik online, kemudian melakukan deposit dari modal yang di miliki.

Setelah itu Anda dapat memulai menjual pulsa elektrik, dengan harga yang telah di tarifkan tentunya memberikan keuntungan bagi para penjualnya. Perkiraan omset dari usaha sampingan jual pulsa elektrik, dapat diperkirakan Rp 20 triliun pada setiap tahun. Angka keuntungan tersebut berdasarkan dari data pelaku bisnis pulsa, untuk skala besar seperti di Jakarta. Karena permintaan pulsa elektrik selalu mendapatkan tempat di pasaran, baik teman kantor, teman kos, tetangga, atau keluarga Anda dapat menjadi target penjualan bisnis pulsa elektrik.

2. Jual Makanan Untuk Sarapan Pagi

Jual Makanan Untuk Sarapan Pagi

Usaha ini sangat cocok untuk kaum wanita, tentunya yang hobi memasak, Anda dapat memulai bisnis sampingan menjual sarapan pagi. Jual makanan untuk sarapan pagi, cukup berpotensi besar dalam mengembangkan usaha, karena banyak karyawan di pagi hari yang selalu sibuk. Hal ini menjadi salah satu kebutuhan karyawan, guna menyantap sarapan pagi, Anda berpeluang besar dengan memanfaatkan momen seperti ini guna membuka usaha sampingan.

Dalam bisnis seperti ini, Anda hanya memasak masakan sederhana, namun mempunyai nilai jual tinggi seperti bubur ayam, gorengan, indomie rebus, nasi uduk, dan lain sebagainya sebagai menu sarapan di pagi hari. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, dengan modal kecil pun sudah dapat menjalankan bisnis seperti ini.

3. Jasa laundry

Jasa Laundry

Jasa laundry kiloan merupakan usaha sampingan yang menguntungkan, kenapa tidak hanya dengan modal yang relatif rendah dapat memberikan keuntungan yang lumayan banyak. Bagi Anda yang ingin mencoba memulai bisnis jasa laundry, modal yang mesti dipersiapkan kisaran Rp 6 jutaan, langsung dapat memulai bisnis seperti ini. Dengan modal tersebut bisanya digunakan untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika dan juga plastik.

Agar menghemat modal yang disesuaikan, dapat memilih mesin cuci yang sudah tergabung langsung dengan mesin pengering. Karena tahun ini kebanyakan orang ingin serba praktis, permintaan untuk layanan mencuci, dan menyetrika pakaian selalu meningkat pesat. Terutama di kalangan mahasiswa, serta karyawan. Dengan membuka usaha laundry di daerah terdekat, tempat tinggal karyawan atau mahasiswa, dijamin tidak akan kehabisan pelanggan bila membuka usaha sampingan seperti ini. Keuntungan yang di peroleh biasanya kisaran 15 %, sampai 25 % dari tarif laundry/kg.

4. Menjual Foto Di Internet

Menjual Foto Di Internet

Bagi yang mempunyai hobi fotografi, usaha seperti ini sangat cocok untuk Anda, dan dapat memulai sebagai lahan sumber penghasilan. Caranya cukup mudah dapat menjual foto online, hasil fotografi yang Anda ilustrasikan (jepret). Daftarkan diri ke penjualan foto seperti Istockphoto.com, atau shutterstock.com. Kemudian upload foto Anda, bila ada pengunjung membeli foto, nanti akan mendapatkan komisi.

Komisi yang di peroleh dari Istockphoto.com sebesar 15%, dalam setiap foto, dan untuk shutterstock.com dapat memperoleh komisi sebesar 20% hingga 30%/foto. Agar mendapatkan komisi dengan mudah, sebelumnya harus mendaftar alat pembayaran online, seperti PayPal, sehingga situs tersebut dapat mengirimkannya lewat Akun PayPal Anda, lalu uangnya bisa di cairkan kepada rekening pribadi yang di miliki.

Hanya dengan modal smartphone, sudah dapat memulai usaha seperti ini, tentu dengan kesabaran serta tekad yang kuat bisnis Anda kami rasa akan senantiasa berkembang. Sementara target pasar Anda, dalam usaha sampingan seperti ini ialah, situs online yang membutuhkan foto untuk website mereka.

5. Jasa Cuci Motor Dan Mobil

Jasa Cuci Motor Dan Mobil

Usaha sampingan seperti ini memang cukup ramai tahun ini, karena sudah banyak pemilik motor atau mobil disetiap daerah, menjadikan usaha jasa cuci motor/mobil, semakin berkembang pesat. Bahkan banyak orang rela antri menunggu, untuk mencuci motor atau mobil menggunakan jasa Anda.

Untuk perkiraan modal usaha sampingan seperti ini, membutuhkan dana sebesar Rp 2 jutaan. Yang di perlukan biasanya mesin pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor, untuk dapat memulai jasa cuci motor dan mobil. Mengenai tempat dapat memulainya di lokasi perumahan, sekitar daerah tempat tinggal Anda. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa lokasi, sehingga lebih efisien, apabila usaha yang di jalankan sudah berkembang, baru mencoba mengembangkannya dengan dengan membuka cabang di lokasi strategis.

6. Jual Beli Motor Bekas

Jual Beli Motor Bekas

Jual beli motor bekas bukan merupakan bukan bisnis yang asing, jumlah penjualan motor di Indonesia setiap tahun selalu meningkat. Dengan demikian motor bekas selalu meningkat, dan tentu bisnis ini semakin tinggi permintaan motor bekas menjadikan usaha sampingan ini berpeluang besar untuk meraih keuntungan.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini, memerlukan modal kurang dari Rp 5 jutaan. Anda dapat membeli motor bekas, dan menjualnya kembali dengan harga sedikit lebih tinggi, tentunya dengan harga dan kondisi yang sangat baik ketika di jalankan nanti oleh pembeli.

7. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Bagi Anda yang mempunyai keahlian dalam desain grafis, tentu dapat memulai usaha sampingan seperti ini. Walaupun Anda masih bekerja di kantor, tidak ada salahnya di rumah pun membuka jasa desain grafis sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan. Sistemnya sama dengan pekerja lepas, dapat mencari klien melalui beberapa website desain, seperti projects.co.id, 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com.

Dari website seperti yang sudah di sebutkan, dapat membuka jasa desain grafis, seperti cetak kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, interior dan lain sebagainya. Setiap kerjaan seperti ini, tentu mempunyai bayaran yang bervariasi, tergantung persetujuan antara Anda dan pihak klien. Modal diperlukan untuk dapat memulai usaha sampingan ini, ialah keahlian Anda dalam membuat desain grafis, koneksi internet, dan perangkat komputer.

Baca: Resep Minuman Kekinian 2019 Untuk Usaha

8. Social Media Influencer

Social Media Influencer

Bagi pengguna sosial media aktif, usaha yang satu ini dapat Anda coba, dimana sosial media influencer untuk memproduksi konten di channel sosial media. Baik berupa konten video di youtube, konten foto di Instagram atau konten lainnya. Usaha sampingan seperti ini hanya dengan modal follower, setelah memiliki jumlah follower yang cukup banyak, Anda dapat menghampiri perusahaan yang bergerak di bidang yang berhubungan dengan konten Anda sajikan.

Misalnya seperti konten video tentang travel, langsung dapat menghubungi perusahaan travel yang ingin di Endorsement oleh sosial media miliki Anda. Atau mungkin konten foto tentang produk makanan, yang dapat Anda ajukan Endorsement untuk perusahaan makanan terkait. Setiap konten yang disajikan tentu memiliki jumlah pasar, serta pengikut yang berbeda dan cukup besar di dunia internet.

Anda perlu aktif dalam menciptakan konten berkualitas, dan informatif sehingga jumlah pengikut terus berkembang. Anda dapat negosiasi untuk mempromosikan produk mereka, di sosial media Anda dengan sejumlah biaya yang sudah di tentukan dalam pengajuan tersebut. Syaratnya untuk dapat seperti ini antara lain:

  • Jumlah follower Anda berada di angka ribuan, ratusan ribu, atau bahkan jutaan.
  • Rutin melakukan posting yang menarik, berupa konten video, konten artikel maupun konten foto.
  • Memiliki ciri khas tertentu agar semakin disukai oleh pengiklan dan follower

9. Jasa Les Private

Jasa Les Private

Keahlian apapun dapat dibagikan kepada sesama, bisa juga menjadi sumber penghasilan bagi Anda. Baik itu keahlian bermain alat musik, berbahasa asing, sopir, dan lain sebagainya. Tentu semua itu dapat membuka usaha jasa les privat, bila tidak memiliki tempat untuk mengadakan les privat, Anda dapat mengunjungi rumah murid Anda, dan mengajar di rumah mereka.

Modal utama dari usaha sampingan ini ialah sebuah keahlian, yang tentunya Anda miliki. Modal lainnya seperti peralatan yang dapat menunjang kegiatan kelas private, seperti buku, pena, pensil, instrumen music, kendaraan dan lain sebagainya.

10. Membuat blog (Publisher)

Membuat blog (Publisher)

Bisnis sampingan yang satu ini, hanya membutuhkan modal waktu dan tulisan. Anda dapat memulai blogging untuk mendapatkan uang saku tambahan, namun butuh kesabaran yang extra dalam mengembangkan usaha seperti ini. Anda dapat menggunakan platform blog gratisan, seperti blogspot.com, atau hosting berbayar dan menggunakan platfrom wordpress, cms joomla, dan lain sebagainya.

Yang di lakukan dalam usaha sampingan ini, ialah mengisi blog dengan konten, atau tulisan dari Anda tentunya yang original. Tulisan berupa artikel informatif, atau pengalaman tentang hidup yang berguna bagi pembaca. Dengan demikian pengunjung dapat menemukan blog yang di kelola, dan selalu mengunjungi blog dengan berbagai informasi yang diberikan.

Saat Anda baru mempunyai blog mungkin selalu mengalami kesusahan dalam mencari pengunjung. Namun tidak perlu khawatir, dapat di atasi dengan mempromosikan blog yang di kelola ke sosial media atau teman Anda. Seiring dengan jangka waktu tertentu, setelah jumlah pengunjung dirasa sudah cukup dan selalu meningkat. Dapat mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense, dan memasang iklan diblog Anda melalui jaringan iklan yang sudah tersedia.

Jadi setiap pengunjung yang klik iklan tersebut, maka Anda akan mendapatkan uang. Selain itu apabila blog yang di kelola sangat populer, maka banyak perusahaan lain yang ingin memasang usaha mereka di blog Anda, melalui sebuah banner atau konten placement. Dan dapat menarifkan sejumlah biaya, kepada mereka untuk layanan tersebut yang nantinya akan muncul di setiap halaman pada blog Anda.

11. Makelar Properti

Makelar Properti

Properti merupakan aset yang tidak pernah penurunan nilai harga, seperti rumah, apartemen atau ruko, semua jenis usaha sampingan properti, secara umum mempunyai harga jual yang terus meningkat seiring dengan waktu. Kesempatan dari pasar properti, dapat Anda manfaatkan menjadi makelar properti. Yang diperlukan hanya mencari informasi tentang perusahaan agen properti, yang menerima agen lepas seperti Anda.

Kemudian dapat mempelajari sistem komisi, dan bonus yang akan didapatkan, tentu perlu memahami tentang properti tersebut bila ingin terjun sebagai salah satu makelar properti. Setelah mendapat informasi tentang properti, dapat memulai menjual properti tersebut kepada kenalan untuk tahap awal.

Jumlah komisi yang akan diperoleh dari hasil penjualan properti, cukup bervariasi tergantung pada kesepakatan developer properti, serta perusahaan agen. Tapi bisanya komisi yang akan di peroleh kisaran 1%, sampai 3% dari jumlah transaksi penjualan. Sangat besar komisi untuk usaha sampingan ini, bayangkan bila harga rumah sebesar Rp 1 Milyar, dengan modal wawasan properti, kita mendapatkan komisi tersebut, hanya mencari pembeli properti.

12. Agen Asuransi

Agen asuransi

Agen asuransi merupakan usaha sampingan, yang dapat di jalankan dan tidak memerlukan modal tinggi. Tentunya yang diperlukan disini, adalah sebuah wawasan tentang asuransi, dan pandai menjual maka dapat meraih penghasilan dengan menjadi agen asuransi.

Penghasilan yang didapatkan dari penjualan polis asuransi, akan berkelanjutan selama periode tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tergantung dengan jenis asuransi yang dijual, besar kecil pendapatan persentase komisi juga berbeda-beda.

13. Bisnis Aksesoris Wanita

Bisnis aksesoris wanita

Keterampilan tangan menjadi modal awal, untuk sebuah usaha sampinga seperti ini. Bisnis aksesoris wanita dapat Anda coba, khususnya yang mempunyai keterampilan dalam membuat berbagai macam aksesoris. Aksesoris tersebut seperti syal, bando, bros, kalung, gelang, penghias rambut dan lain sebagainya.

Bisnis aksesoris wanita mempunyai prospek yang cerah, dimana anda dapat meraih keuntungan yang cukup tinggi dari hasi kerajinan tangan tersebut. Modal untuk bahan baku dari aksesoris cukup murah, selama membeli dalam jumlah besar. Apabila ingin mencoba terlebih dahulu, saran kami memilih aksesoris seperti bando, kalung, atau gelang.

Pemasaran dari aksesoris juga sudah banyak di lirik, terutama oleh para pelaku bisnis, media promosi pun cukup hemat dapat dilakukan secara online, melalui sosial media atau lewat blog Anda. Untuk bisnis sampingan ini bisa di promosikan lewat Instagram, atau facebook, kemudian beri tahu kepada kenalan Anda mengenai bisnis, dan sarankan mereka untuk menyebarkannya.

Baca: Gaya Hidup Sehat Sederhana Sehari hari

14. Katering Rumahan

Katering Rumahan

Katering merupakan usaha sampingan yang cocok bagi Anda yang pandai memasak. Usaha seperti ini tidak akan sepi pelanggan, karena penduduk di sekitar lingkungan pastinya akan membutuhkan jasa katering rumahan. Tidak semua keluarga mempunyai waktu untuk memasak makanan sehari-hari, dan disini katering rumahan merupakan jalan keluar untuk memulai usaha sampingan.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis makanan ini tidak terlalu besar, perkiraan sebesar Rp 2 jutaan sudah dapat memulai usaha makanan. Yang di perlukan disini adalah alat masak seperti kompor, gas, bahan baku masakan lauk pauk, rice cooker, serta kotak makanan. Bila ingin langsung memulainya, coba menjual di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda, agar tidak perlu jauh untuk mengantar katering makanan tersebut.

15. Bisnis Dropship

Bisnis Dropship

Bisnis dropship ialah bisnis online dimana penjual tidak perlu memiliki stok barang yang cukup. Tugas anda hanya sebagai perantara, agar dapat mempromosikan barang melalui media sosial, blog pribadi, forum atau toko online terpercaya.

Apabila sudah ada konsumen yang ingin membeli, tugas selanjutnya memberitahukan kepada suplier untuk mengirim produk tersebut. Tugas selanjutnya di tangani oleh suplier yang terkait, semua proses secara otomatis, apalagi Anda menggunakan bisnis dropship seperti tokopedia.com.

Keuntungan yang akan di peroleh ialah dari selisih harga jual suplier, kepada Anda dan harga beli konsumen. Contohnya Anda menjual suatu produk seharga Rp. 200.000, sementara suplier memberikan harga pada Anda sebesar Rp 150.000, berarti akan mendapat keuntungan sebesar Rp. 50.000.

16. Bisnis Reseller

Bisnis Reseller

Bagi yang tidak mempunyai produk, tetapi ingin memiliki stok barang, dapat menjalankan bisnis reseller seperti ini. Dalam bisni tersebut terdapat reseller online, dan reseller offline. Dalam arti sama seperti pedagang biasa, bila kita contohkan seperti sales marketing yang menawarkan produk kepada konsumen.

17. Menjual Pakaian Bekas

Menjual Pakaian Bekas

Bagi yang sudah banyak mempunyai pakaian bekas, apa salahnya bila Anda jual kembali, tentu dalam keadaan yang masih layak untuk di pakai. Bisnis pakaian bekas mempunyai keuntungan mencapai 100 kali lipat, tergantung dari pemesanan. Disini barang yang dapat Anda jual seperti baju bekas saja pria, menjual parka, jeans, sweater, flannel, long sleves, topi, dan juga jaket.

18. Pertamini

Pertamini

Sering kita melihat kendaraan kehabisan bahan bakar, nah bisnis pertamini dapat Anda coba sebagai usaha sampingan. Karena bila bisnis pertamini berada pada lokasi yang jauh dari SPBU, Anda dapat memanfaatkan untuk membuat usaha pertamini. Untuk dapat bergabung dengan pertamina, dalam membuka usaha pertamini, modal yang perlu kita keluarkan antara lain:

  • Harga satu unit pertamini Rp 5.000.000.
  • Biaya modal 100 liter bensin jika harga perliter Rp 7500x100 = Rp 750.000.
  • Biaya operasional listrik/bulan Rp 50.000.
  • Alat portable pemadam kebakaran Rp 150.000.
  • Biaya tambahan lain Rp 1.500.000
  • Total modal pertama = Rp 7.450.000

Catatan: Bila ingin sukses menjalankan bisnis ini, Anda harus cari tempat yang jauh dari area SPBU, jangan mematok harga terlalu tinggi, mempunyai surat izin usaha, dan berikan pelayanan yang baik pada konsumen.

19. Ternak Ayam

Ternak Ayam

Ayam kampung sekarang ini sangat di butuhkan, bahkan setiap bulan permintaannya begitu tinggi. Karena oleh kurangnya budidaya ayam kampung, menjadikan bisnis ini memang cocok dijadikan usaha sampingan. Cara ternak ayam kampung tidak begitu sulit, seperti berikut:

  • Ternak Ayam Dengan Metode Umbaran - Metode umbaran merupakan cara populer, karena dengan metode ini usaha dapat dijalankan dengan modal kecil. Caranya dengan membiarkan ayam mencari makanan sendiri, Anda hanya perlu menyediakan tempat ayam untuk berteduh saat malam hari tiba.
  • Ternak Ayam Dengan Metode Semi Intensif - Metode seperti ini bisa diterapkan bila memiliki pekarangan luas, Anda hanya perlu memberikan kandang di sekeliling.
  • Ternak Ayam Dengan Metode Intensif - Metode intensif membutuhkan modal yang kuat, terutama dalam pembuatan kandang, dan biaya pakan ayam. Metode intensif sendiri ialah membuat kandang ayam modern, tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

20. Jasa Menjahit

Jasa Menjahit

Usaha menjahit merupakan usaha yang sangat menjanjikan, karena jasa ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bagi Anda yang mempunyai keahlian menjahit dapat dikembangkan, agar keuntungan yang diperoleh lebih meningkat. Beberapa keahlian menjahit yang bisa dijual kembali, antara lain:

  • Kursus menjahit
  • Gorden, dan berbagai kreativitas lain.
  • Menjadi desainer fashion

21. Jasa Mengetik

Jasa Mengetik

Bisnis jasa mengetik seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, usaha sampingan ini dapat di jalankan di daerah kampus, area perkantoran, dan sekolah. Jasa mengetik merupakan jasa yang paling diminati, persiapkan satu buah unit komputer, dan printer bila ingin menjalankan bisnis tersebut. Apabila usaha mulai ramai, dapat menambah unit komputer, dan mempekerjakan beberapa orang karyawan.

22. Ikan hias

Ikan hias

Harga ikan hias bisa menjadi mahal, bisnis sampingan model tersebut menjadi populer hingga saat ini, contohnya ikan hias lohan yang sudah jadi, harganya bisa sangat tinggi sekali. Daya tarik ikan hias sangat menjanjikan sebagai bisnis sampingan, agar usaha dapat berhasil, berikut metode yang bisa dilakukan.

  • Cari jenis ikan hias populer dengan harga tinggi.
  • Pahami teknik pembiakan.
  • Gabung bersama pecinta ikan hias untuk mendapatkan target market sebagai promosi.
  • Mengetahui jenis ikan hias air laut dan air tawar.

Catatan: Jenis ikan hias yang laku di pasaran antara lain ikan guppy, ikan cupang, ikan lohan, ikan mas koki, Ikan dicus, ikan Arwana, Ikan Koi, Ikan Oscar, Ikan Cupang Crowntail, Ikan Agnel, dan Ikan Neon Tetra.

23. Kroto

Budidaya kroto

Budidaya kroto dapat kita jalankan dengan modal kecil, tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk dapat mengelola usaha sampingan ini. Kebutuhan akan telur kroto terus mengalami peningkatan, sementara keberadaannya sudah mulai langka. Harga telur kroto cukup bervariasi, tergantung dari lokasi, dijadikan sebagai pakan burung, biasanya berkisar antara Rp. 150.000. Cara beternak kroto dapat Anda lakukan dengan menggunakan toples, bobot panen kisaran antara 1ons sampai 2ons/toples.

24. Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan Air Tawar

Di Indonesia sendiri mempunyai iklim yang sangat cocok, untuk membudidayakan ikan air tawar sebagai tambahan penghasilan. Kebutuhan ikan air tawar pun bisa di jadikan sebagai lauk pauk, dan terus meningkat permintaan pasarnya, karena pertumbuhan penduduk semakin pesat.

Catatan: Usaha ikan air tawar yang dapat Anda coba adalah dengan menjual ikan gurame, ikan lele, ikan gabus, ikan nila, ikan mas, ikan mujair.

25. Budidaya Jangkrik

Budidaya Jangkrik

Usaha budaya jangkrik saat ini sedang trend, dan permintaan pasar cukup tinggi. Sehingga banyak yang mengeluh soal harga, akan tetapi kita dapat melakukan survey terlebih dahulu ke toko burung dan toko ikan. Untuk menanyakan kepada mereka, harga jangkrik/kg, tentunya sambil mencari langganan dalam bisnis budidaya jangkrik yang sedang di rintis.

26. Usaha Gorengan

Usaha Gorengan

Usaha menjual gorengan dapat Anda coba, sebagai lahan untuk penghasilan tambahan. Banyak sekali kisah sukses yang senantiasa kita baca, dari para pengusaha gorengan, bahkan sampai ada yang membuka franchice. Karena gorengan sangat di nikmati oleh semua lapisan masyarakat, menjadikan salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini. Berikut beberapa contoh usaha gorengan yang dapat Anda kelola:

  • Sandwitch goreng
  • Salad goreng
  • Pisang cokelat
  • Pisang goreng biasa
  • Pisang keju
  • Tahu goreng
  • Tempe goreng
  • Singkong goreng keju
  • Dan lain sebagainya

27. Menjual Aneka Jajanan Produk Siap Saji

Menjual Aneka Jajanan Produk Siap Saji

Anda dapat memulai usaha sampingan, dengan menjual aneka jajanan siap saji. Bisnis ini dapat berjalan di daerah keramaian kota, desa berkembang atau kompleks karyawan, serta area kampus. Bagi yang ingin mencoba usaha sampingan yang satu ini, dengan membuka usaha makanan siap saji, silahkan lihat contoh berikut.

  • Menjual makanan sarapan pagi
  • Pempek
  • Tahu bulat
  • Cireng
  • Catering bagi mahasiswa dan karyawan

28. Produksi Kerupuk Rumahan

Produksi Kerupuk Rumahan

Salah satu usaha sampingan ialah produksi kerupuk rumahan, agar usaha bisa berkembang dalam usaha kerupuk, harus mempunyai strategi marketing. Walaupun bisnis ini berupa usaha sampingan, dapat menerapkan strategi marketing dengan serius. Jenis kerupuk yang laku di pasaran antara lain:

  • Kerupuk ikan
  • Kerupuk udang
  • Kerupuk jengkol
  • Keripik pisang
  • Dan aneka kerupuk lainnya

29. Menjual Jajanan Anak

Menjual Jajanan Anak

Salah satu usaha sampingan yang dapat menambah penghasilan, ialah menjual berbagai jenis jajanan anak, karena penting anak-anak konsumsi makanan yang terjamin dari segi kesehatan. Usaha seperti ini, tentunya dapat dikelola dengan modal kecil, berikut beberapa contoh usaha sampingan jajanan anak.

  • Telur dadar
  • Sosis bakar
  • Keripik singkong
  • Klepon
  • Dan berbagai jajanan lainnya

Baca: Aneka Resep Kerupuk Yang Siap Di Pasarkan

Penutup

Demikian yang dapat dapur ocha sampaikan, tentang 29 usaha sampingan dengan modal kecil tahun ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah mengunjungi situs dapurocha.com, sampai jumpa kembali di informasi lainnya.

Gambar Gravatar
Dapur Ocha merupakan website penyedia aneka resep makanan, bisnis, informasi usaha, info wisata, Anda dapat memberikan komentar secara relevan mengenai setiap artikel yang ada, jangan lupa like dan share, terima kasih.
Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *