by

Resep Kentang Mustofa untuk Ide Usaha

Dapur Ocha, Resep Kentang Mustofa untuk Ide Usaha, Kentang Mustofa menjadi ide usaha yang cukup diminati sekarang ini. Anda bisa memulai bisnis ini sebagai usaha rumahan. Biaya untuk membuat kentang mustofa pun masih cukup terjangkau, dengan bahan yang cukup simpel dan mudah didapat tentunya. Anda bisa mencampurkan kacang tanah atau teri medan kedalamnya sehingga menambah variasi  menjadi lebih enak dan gurih.

Membuat kentang mustofa cukup mudah, tetapi perlu kesabaran untuk membuatnya agar kentang bisa kriuk dan tahan lama. Bumbu yang digunakan sesuai takaran dan menggoreng dengan cara yang  tepat membuat kentang bisa tetap renyah, gurih dan tahan dalam waktu lama. Kali ini Dapur Ocha akan berbagi beberapa tips dan trik dan perlu Anda perhatikan dalam pembuatan kentang mustofa.

Tips dan Trik Kentang Mustofa Renyah dan  Kriuk

Terkadang ada beberapa kendala untuk pemula pada saat membuat resep kentang mustofa seperti bumbu yang menyebar tidak merata, kentang menggumpal dan keras, sehingga sulit dimakan. Bumbu kentang yang menggumpal disebabkan teknik memasak yang salah, ada yang bilang bumbu kering kentang menggumpal disebabkan karena penggunaan gula merah. Jadinya, beberapa orang mengubah resepnya dengan menggunakan gula pasir saja. Tentu hal itu tidaklah benar, Jadi sayang sekali kalau disingkirkan.

Penyebabnya adalah, pada saat memasukkan kentang goreng tidak tepat waktunya nya (salah memperkirakan waktu), bumbu sudah terlalu kering sehingga tidak bisa lagi melumuri kentang, akhirnya, bumbu kering kentang jadi menggumpal. Waktu yang cukup tepat untuk memasukkan kentang goreng adalah pada  ketika bumbu telah berambut. Kentang kering memang akan terlumuri dengan baik, jika diaduk dalam bumbu yang masih basah, hasilnya kerenyahan kering kentang tidak akan bertahan lama, beberapa saat akan langsung melempem.

Agar lebih jelas, mari langsung simak tips detail berikut ini. Masak bumbu yang dihaluskan sampai mendidih dan agak mengental, kemudian angkat bumbu menggunakan sodet, bumbu yang sudah siap harusnya berbentuk seperti rambut-rambut halus, jika rambut ini masih belum terlihat, berarti bumbu harus dibiarkan mengental sedikit lagi, begitu bumbu sudah berambut, segera masukan kentang. Aduk cepat sehingga bumbu bisa melumuri kentang. Makin mudah lagi menggunakan 2 buah sodet sekaligus.

       1. Memotong Kentang

Anda bisa menggunakan jenis kentang biasa atau kentang tes. Pilih umbi kentang yang tua, tidak ada bagian yang kecokelatan atau pun busuk. Pastikan seluruhnya dalam kondisi segar.

Kupas kentang kemudian iris kentang menjadi irisan kecil dan tipis seperti batang korek api. Usahakan ukuran dan ketebalannya sama ya. Jika ada bisa dipakai serutan kentang agar mendapatkan hasil yang sama atau maksimal.

irisan kentang yang sudah dipotong direndam dalam air dingin. Jika ada bisa ditambahkan larutan air kapur sirih, sekitar 3-4 sendok makan dalam air perendamnya. Setelah itu diamkan 30 menit, bilas kentang beberapa kali hingga airnya bersih atau bening kemudian tiriskan.

       2. Menggoreng kentang

Gunakan sekitar 2 liter minyak, tuangkan dalam wajan lalu panaskan dengan api sedang. Menggoreng kentang menggunakan cukup banyak minyak dan api tidak terlalu besar agar suhu stabil agar hasilnya kering merata.

tatakan irisan kentang yang sudah ditiriskan dengan tisu dapur hingga benar-benar kering. Kemudian goreng bertahap hingga menghasilkan kentang yang garing, kuning keemasan. Jangan terlalu sering mengaduknya  kentang bisa hancur. Tiriskan kentang goreng dalam wadah terbuka.

       3. Memasak Bumbu

Panaskan 100 ml minyak dalam wajan kemudian tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Anda bisa juga memasukkan ebi, jika suka, daun jeruk, daun salam, dan serai. Aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan gula, air asam. Masak bumbu kentang dengan api kecil hingga campuran bumbu ini mendidih. Tunggu hingga buih berkurang membentuk buih yang melebar dan teksturnya cukup kental, sebagai tanda air sudah menguap.

       4. Mengaduk

Apabila bumbu sudah terlihat mengental, masukkan kentang goreng, kemudian aduk cepat hingga seluruh bagian kentang terlapisi bumbu merata. Anda bisa metnambahkan kacang tanah goreng atau teri.

Jika kita terlalu cepat memasukkan kentang goreng maka hasilnya kentang basah melempem. Sebaliknya jika terlambat tentu akan membuat gula berkristal dan tidak bisa tercampur merata dengan kentangnya.

       5. Mengemas

Taruh kentang mustofa yang sudah berbumbu di wadah atau loyang kemudian ratakan. Biarkan kentang teroksidasi suhu ruang dan menjadi dingin dan bumbu melekat sempurna pada kentang.

Selanjutnya, masukkan dalam wadah bersih bertutup rapat. Simpan di tempat sejuk dan kering. Gunakan sendok bersih dan kering saat mengambil kentang mustofa agar kentang tak mudah melempem. Tutup kembali wadah rapat-rapat.

Resep Kentang Mustofa

Resep Kentang Mustofa untuk Ide Usaha

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kentang – 1 kg
  • Daun jeruk – 4 lembar
  • Air asam jawa – 1 sdt
  • Daun salam – 2 lembar
  • Garam – 1/2 sdt
  • Gula pasir – 1 sdt
  • Penyedap – 1 sdt
  • Minyak untuk menggoreng – secukupnya
  • Larutkan dengan air secukupnya – 1 sdt Kapur sirih

BUMBU HALUS:

  • Cabai merah besar, buang biji – 3 buah
  • Cabai rawit merah – 7 buah
  • Bawang putih – 4 siung
  • Cabai merah – 15 buah

Cara Membuat

  • Kupas kentang, kemudiana potong bentuk korek atau bisa menggunakan parutan kentang. Lalu rendam potongan-potongan kentang dalam air kapur sirih, bilang hingga bersih dang bening lakukan hingga habis.
  • Panaskan minyak goreng. Setelah panas, masukan kentang goreng hingga kentang matang sempurna. kemudian angkat dan sisihkan.
  • Kemudian panaskan minyak. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk, daun salam, garam, gula, dan penyedap. Aduk – aduk dan masak hingga matang dan gelembung air dalam bumbu berkurang.
  • kemudian masukan kentang aduk rata,  setelah rata Angkat, taruh dalam hamparan agar dingin. Bisa langsung disajikan dan dikemas rapat agar tahan lama.

Untuk kentang mustofa Anda bisa menjualnya dengan harga Rp. 25.000 per 250gr, dan untuk ukuran kentang mustofa 1 kg Anda pasarkan dengan harga Rp. 120.000. Bisa dipasarkan melalui online atau Grab food. Semoga bisa menjadi usaha tambahan dirumah.

Penutup

Demikian resep kentang mustofa untuk Ide usaha dan juga Tips dan Trik menjadikan kentang mustofa renyah dan  juga kriuk, Anda bisa mencoba juga 3 Resep Minuman Segar Kekinian Cocok Untuk Usaha semoga artikel ini bermanfaat. Sampai ketemu di artikel usaha lainya. Selamat mencoba.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed