by

Wisata Gunung Pancar dan Curug-Curugnya

-News, Tips, Uncategorized-1,499 views

Dapur Ocha, Wisata Gunung Pancar dan Curug-Curugnya. Ingin Traveling dengan biaya yang cukup murah dan terjangkau?, dengan tempat yang menyuguhkan pemandangan alam yang bagus dan cukup nyaman tentunya. Kali Dapur Ocha akan mengulas tempat yang cukup jadi rekomendasi untuk Anda dalam berwisata dengan biaya yang cukup terjangkau. Kita akan berkunjung ke daerah Bogor yang tentunya memiliki berbagai wisata yang cukup menakjubkan. Salah satunya adalah wisata Gunung Pancar.

Gunung Pancar berada Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16810. Ketinggian Gunung Pancar sekitar (300–800 m dpl) dengan topografi landai sampai bergelombang cukup terjal dengan kemiringan sekitar 15-40 persen. Di sepanjang perjalanan menuju puncak Anda bisa melihat berbagai jenis tanaman, fauna dan melewati semak belukar.

Konon cerita yang terbentuk dari masyarakat Gunung Pancar merupakan gunung yang pertama kali ada di Pulau Jawa yang terbentuk karena sering terjadinya guncangan atau gempa. Pancar sendiri menurut warga sekitar mempunyai arti Muncul Pertama Kali. Anda  bisa menikmati merdunya kicaunya burung kutilang dan melihat beberapa fauna yang ada, budaya masyarakat di lereng gunung ini yang sangat menjunjung dan menghormati kelestarian Gunung Pancar.

Jadi bagi para travellers dan pemburu foto instagram mable, tempat ini cocok dikunjungi apalagi saat cuaca mendukung. Keindahan pemandangan Gunung Pancar ini cukup menarik wisatawan baik lokal dan  mancanegara. Walau suhu tidak terlalu dingin akan tetapi udaranya masih cukup segar untuk menikmati pemandangan alam ciptaan Tuhan.

Jam Operasional untuk di Gunung Pancar

Wisata Gunung Pancar dan Curug-Curugnya

Objek ini merupakan wisata alam dan pegunungan sehingga jam operasionalnya dibuka selama 24 jam.

Harga Tiket Gunung Pancar Bogor

Tiket Kategori Subjek Harga
Tiket Masuk Senin – Jumat Wisatawan Lokal Rp5.000
Wisatawan Asing Rp100.000
Sabtu & Minggu Wisatawan Lokal Rp7.500
Wisatawan Asing Rp150.000
Biaya Parkir Senin – Jumat Sepeda Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000
Sabtu & Minggu Sepeda Motor Rp7.500
Mobil Rp15.000
Wahana Pemandian Air Panas Rp25.000
Hunting Foto di Pintu Masuk Rp20.000
Prewed Rp750.000
Camping User Permalam Rp100.000
Shooting Perhari Rp15.000.000
Outbound Perhari Rp280.000
Sewa Lahan 1 hari Rp25.000
2 hari 1 malam Rp35.000
3 hari 2 malam Rp45.000

 

Wisata Curug di Gunung Pancar

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi hejo

Gunung Pancar dan Leuwi Hejo jaraknya cukup berdekatan. Jadi sambil jalan-jalan masih bisa sambil santai menuju ke Leuwi Hejo dengan waktu tempuh cuma 15 menit dari Gunung Pancar. Biaya masuk Rp8.000 dan untuk parkir motornya, dan biaya masuk di kenakan tiket Rp15.000/orang.

Curug Barong

Curug Barong

Setelah ke curug Leuwi Hejo, tentu Anda tidak akan melewatkan Curug Barong, karena kondisi airnya masih cukup jernih dan segar, dikelilingan hutan yang masih alami. Walau perjalanan cukup melelahkan karena melewati jalan setapak, tapi tentunya rasa leleh itu akan cukup terbayarkan dengan keindahan Curug Barong

Curug Baliung.

Curug Cibaliung

Curug Cibaliung merupakan tempat wisata favorit bagi masyarakat Bogor. Memang tempatnya jarang diketahui, keindahan alam yang ada di curug tentu bisa menjadi rekomendasi liburan untuk Anda. Curug yang biasa disebut dengan Curug Baliung ini memang tak terlalu tinggi, namun memiliki aliran air yang cukup jernih dan segar. Berenang di Curug Cibaliung merupakan pilihan liburan yang cukup menyenangkan. Selain berenang, Anda bisa  menyusuri sungai menikmati udara yang sejuk dan suara air terjun akan membuat pikiran dan hati.

Tips Wisata ke Gunung Pancar Bogor

Agar liburan Anda dan keluarga ke Gunung Pancar lebih menyenangkan, Anda bisa mengikuti beberapa tips wisata berikut ini :

  • Persiapkan kondisi badan Anda untuk berwisata, karena jalur digunung pancar cukup panjang.
  • Kalau bisa ajaklah teman atau keluarga untuk menemani liburan Anda ke Gunung Pancar
  • Siapkan bekal berupa dana dan makanan
  • Kalau Anda hobi berfoto, siapkan kamera ataupun ponsel yang kualitas kameranya bagus. Jangan lupa juga untuk membawa powerbank atau baterai pengganti.
  • Tetap bersikap sopan dan jangan  melanggar peraturan yang ditetapkan pengelola obyek wisata ya.

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Bandung Yang Menarik

Penutup

Demikian wisata daerah Bogor yang bisa menjadi pilihan liburan Anda bersama keluarga. Keindahan alam dan air curug yang mengalir cukup jernih, tentu akan menjadi liburan yang cukup menyenangkan. Selamat berlibur, semoga informasi ini bermanfaat. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *