by

Gaya Menggendong Untuk Bayi Baru Lahir

Dapur Ocha, Gaya Menggendong Untuk Bayi Baru Lahir – Bayi baru lahir masih sangat mungil dan sensitif sehingga terkadang orangtua yang belum berpengalaman akan takut untuk menggendongnya. Padahal menggendong bayi memiliki banyak manfaat, salah satunya membangun ikatan antara anak dan orangtua. Ayah dan Bunda tidak perlu takut menggendong si Kecil. Berikut ini cara menggendong bayi baru lahir yang dapat dipraktekan.

3. Gaya Menggendong Bayi Yang Baru Lahir.

Gaya Menggendong Untuk Bayi Baru Lahir

Nah bunda tidak perlu khawatir lagi, bila mempunyai bayi yang baru lahir. Ada 3 gaya dan cara menggendong bayi yang baru lahir. Berikut penjelasannya di bawah ini:

1. Menimang Bayi

Menimang adalah cara menggendong yang paling banyak dilakukan orang tua. Langkah awal yang perlu Bunda lakukan adalah dengan menempatkan salah satu lengan di bawah leher dan kepala Si Kecil, sedangkan tangan yang lain berada di bagian bokongnya.

Angkat Si Kecil secara perlahan dan sesuaikan posisinya hingga ia merasa nyaman. Kepala dan leher Si Kecil harus berada di lengan bagian dalam atau lipatan lengan saat digendong. Selanjutnya, Bunda bisa melakukan gerakan mengayun perlahan.

Menggendong dengan cara menimang sering digunakan sebagai posisi menyusui. Selain itu, posisi ini juga baik untuk bertatapan langsung dan berkomunikasi dengan Si Kecil.

2. Memeluk Bayi

Cara menggendong dengan memeluk biasanya dilakukan setelah menyusui untuk membuatnya bersendawa. Posisikan tubuh Si Kecil sejajar dengan dada Bunda dan letakkan kepalanya di bahu.

Pastikan untuk meletakkan satu tangan di antara kepala dan leher Si Kecil, sedangkan tangan yang lain menopang bokongnya. Menggendong Si Kecil dengan cara memeluk dapat membuatnya merasa tenang dan nyaman, sehingga ia lebih mudah tertidur.

3. Menyangga Perut Bayi

Menggendong dengan posisi tengkurap biasanya dapat membuatnya cepat tenang saat rewel. Untuk melakukan cara ini, posisikan Si Kecil dalam kondisi tengkurap di lengan Bunda. Pastikan bagian kepala dan leher Si Kecil menghadap ke siku dan topang kedua kakinya dengan tangan.

Namun, kenyamanan cara menggendong ini tergantung pada seberapa panjang lengan Bunda. Jika memiliki lengan yang pendek, Bunda dapat membaringkan Si Kecil di atas pangkuan dengan posisi tengkurap. Jangan lupa untuk menopang bagian kepala dan lehernya.

Untuk menggendong Si Kecil, Bunda juga dapat menggunakan kain atau gendongan modern yang saat ini mudah ditemukan.

Menggunakan kedua alat tersebut dapat membantu Bunda menggendong Si Kecil tanpa harus menyangganya dengan tangan. Selain itu, menggendong dengan kain atau gendongan modern juga dapat memudahkan Bunda mengatur posisi Si Kecil, termasuk saat sedang menyusui.

Penting untuk membuat si Kecil nyaman saat digendong. Bunda harus perhatikan apakah popok yang digunakan sudah membuatnya nyaman. Pastikan popok yang digunakan memiliki sirkulasi udara yang baik agar kulit bayi tidak iritasi.
Bunda dapat menggunakan popok Merries yang memiliki 3 lapisan bersirkulasi udara dan memiliki permukaan lembut sehingga sangat nyaman di kulit bayi.

Baca juga: Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Penutup

Demikian yang dapat dapur ocha bagikan kali ini, tentang Gaya Menggendong Untuk Bayi Baru Lahir. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah mengunjungi dapurocha.com, tetap stay disini ya bunda untuk informasi lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.